Home Olahraga Billy McNeill, Legenda Celtic Meninggal pada Usia 79 Tahun

Billy McNeill, Legenda Celtic Meninggal pada Usia 79 Tahun

415

Skotlandia, Gatra.com - Mantan kapten Celtic, Billy McNeill meninggal dunia pada senin malam waktu setempat. McNeill merupakan pemain Celtic pertama yang berhasil mengangkat piala European Cup pada tahun 1967 setelah mengalahkan Inter Milan dengan skor 2-1.

Billy juga pernah menjadi manajer Celtic dan menorehkan 7 piala Scottish Cup dan 6 kali juara liga. “Dia berjuang dengan berani sampai akhir, memperlihatkan kekuatan dan ketabahan yang selalu dia lakukan sepanjang hidupnya,” ujar salah satu keluarga McNeill, dikutip dari BBC sport, Selasa, (23/4).

“Ini merupakan waktu yang menyedihkan untuk semua keluarga dan kita tahu privasi kita akan dihormati, ayah kita sangat menghargai para fans yang mencintainya. Jadi tolong ceritakan kisahnya, nyanyikan lagu-lagunya dan bantu kita merayakan hidupnya,” kata dia.

Lahir di Bellshill, Lanarkshire, McNeill memulai debutnya dari junior Blantyre Victoria dan membuat debut pertamanya untuk Celtic pada 23 Agustus 1958.

Lebih dari 800 penampilan, McNeill memenangkan pertandingan melawan Airdrie pada Final Piala Skotlandia pada tanggal 3 Mei 1975, merupakan pertandingan yang mengesankan.

Salah satu hal yang paling penting dalam kariernya adalah saat mendapatkan tropi Scottish Cup pada tahun 1965, setelah sebelum Celtic kekeringan gelar juara selama 8 tahun terakhir. Dia juga berhasil mengangkat tropi Scottish Cup untuk timnya pada tahun 1969 dan 1972. McNeill telah 29 kali membela negaranya, Skotlandia di berbagai kompetisi.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS