Home Kesehatan Di AS, Virus Listeria Menyebar ke 4 Negara Bagian

Di AS, Virus Listeria Menyebar ke 4 Negara Bagian

718

New York, Gatra.com – Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat (AS) telah memberikan peringatan bahwa daging dan keju olahan adalah pembawa  listeria di 4 negara bagian. Listeria sudah menyerang 8 orang dan 1 orang dilaporkan telah meninggal dunia. Para korban berasal dari Michigan, New Jersey, New York dan Pennsylvania.

Hasil sampel daging yang dites ternyata positif mengandung listeria. Namun, lembaga kesehatan masyarakat setempat belum menentukan pemasok dari produk mana yang terkontaminasi listeria tersebut.

“Secara umum, listeria menyerang orang yang bayi yang baru lahir dan orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh lemah. Wanita hamil juga memiliki kecenderungan 10 kali lebih besar terkena listeria,” kata seorang dokter pengobatan darurat di Lenox Hill Hospital New York City, Robert Glatter seperti dilansir dari Medical Daily, Rabu (24/4).

Pihak pusat pengendalian dan pencegahan penyakit AS menemukan hubungan antara produk dan penyebaran penyakit melalui analisis dari dua kasus listeria baru-baru ini. Mereka juga tidak menemukan adanya pemberitahuan kepada konsumen untuk berhati-hati mengonsumsi produk olahan. Tapi, konsumen dapat menghindari infeksi listeria dengan rajin membersihkan lemari es, meja dapur, peralatan masak dan apa pun yang terpapar produk olahan.

Adapun gejala-gejala yang menunjukkan seseorang terinfeksi listeria yakni sakit kepala, leher kaku, kehilangan keseimbangan, demam yang disertai kejang dan nyeri pada otot. Gejala tersebut biasanya muncul setelah mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi virus.

Virus ini dengan cepat menyerang individu dengan kekebalan tubuh yang lemah. Mulai dari bayi, orang lanjut usia serta wanita hamil. Orang-orang dalam kriteria tersebut disarankan untuk mengurangi konsumsi daging olahan. Hingga kini, beberapa rumah sakit masih menggunakan obat-obatan antibiotik untuk mengobati infeksi listeria.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS