Home Gaya Hidup Sidang Ratna Sarumpaet, Ahli Bahasa: Informasi dari Publik Figur Lebih Berdampak ke Masyarkat

Sidang Ratna Sarumpaet, Ahli Bahasa: Informasi dari Publik Figur Lebih Berdampak ke Masyarkat

720

Jakarta, Gatra.com - Ahli Filsafat Bahasa, Wahyu Wibowo menyebutkan bahwa sebuah informasi bohong dapat mempengaruhi masyarakat dengan cepat. Apalagi jika yang menyebarkan adalah seorang publik figur seperti Ratna Sarumpaet.

Hal tersebut ia sampaikan ketika ditanya oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengenai apakah informasi dari seorang publik figur dapat membuat perbedaan pendapat di masyarakat secara masif.

"Sangat, ada kesan atau respon yang muncul di masyarakat," ujarnya di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (25/4).

Namun, untuk masyarakat biasa, apabila melakukan penyebaran, tidak mempunyai dampak apapun.

"Tidak punya dampak untuk orang awam, namun tokoh publik bisa membuat dampak," tuturnya.

Sebagai informasi, Ratna Sarumpaet ditahan lantaran menyebarkan berita hoaks yang mengaku bahwa dirinya menjadi korban penganiayaan. Padahal, pada saat berita itu tersebar, Ratna baru saja selesai menjalani operasi plastik.

Dalam kasus tersebut, Ratna didakwa dengan Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana. Jaksa juga mendakwa Ratna dengan Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45 A ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS