Home Teknologi CEO Apple Meminta Pelanggannya untuk Tak Selalu Menggunakan iPhone-nya, Ada Apa?

CEO Apple Meminta Pelanggannya untuk Tak Selalu Menggunakan iPhone-nya, Ada Apa?

2552

New York, Gatra.com - CEO Apple, Tim Cook mengatakan bahwa perusahaannya tidak ingin pelanggan menghabiskan seluruh waktu mereka di perangkatnya.

Diwartakan Sky News, badan kesehatan dan profesional di beberapa daerah telah memperingatkan tentang jumlah waktu yang dihabiskan orang dewasa dan anak-anak di depan layar, meskipun jumlah yang disarankan berbeda. Pemerintah juga telah memperingatkan bahwa perusahaan teknologi merancang gim dan platform media membuat ketagihan penggunanya demi keuntungan industri, tanpa mempertimbangkan dampak kesehatannya.

Tetapi, saat berbicara di Konferensi Tingkat Tinggi (Summit) Time 100, Cook membantah saran bahwa inilah yang ingin dilakukan Apple. "Apple tidak pernah ingin memaksimalkan waktu pengguna, kami tidak menjadikan itu sebagai sudut pandang bisnis kami," katanya.

Cook menjelaskan beberapa contoh penggunaan perangkat yang berdampak kurang baik dalam kehidupan penggunanya. "Setiap kali Anda mengangkat telepon, itu berarti Anda mengalihkan pandangan dari orang yang Anda hadapi. Jika Anda melihat ponsel Anda lebih dari Anda melihat mata seseorang, Anda melakukan hal yang salah," papar Cook.

Cook menegaskan dirinya sudah memusnahkan sejumlah aplikasi yang kerap memberikan notifikasi terus menerus (fitur push notification). Ia pun mendorong peserta konferensi untuk melakukan hal yang sama. "Saya bertanya pada diri sendiri: 'Apakah saya benar-benar perlu mendapatkan ribuan notifikasi dalam sehari?" tanya dirinya seraya berefleksi.

Cook menuturkan hal itu bukan sesuatu yang menambah nilai dalam hidupnya atau membuat dirinya menjadi orang yang lebih baik. "Jadi saya masuk dan menonaktifkan pemberitahuannya," katanya.

Apple memperkenalkan layanan push notification pada tahun 2009 dan sejak itu terus memperbaharui fitur, termasuk peringatan berbasis lokasi yang ditujukan agar pengguna mudah mencari lokasi terdekat untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Namun tampaknya, fitur itu justru terlihat dibangun untuk memaksa pengguna menghabiskan lebih banyak waktu dengan ponsel mereka.

Juni lalu perusahaan itu meluncurkan fitur baru untuk membantu pengguna mengontrol seberapa sering mereka menggunakan ponsel mereka. Fitur tersebut dinamakan Screen Time, yang dirancang untuk mengirim laporan mingguan kepada pengguna tentang bagaimana mereka menggunakan perangkat iOS mereka.

Cook menerangkan fitur tersebut bisa menjadi alternatif pelanggan untuk merefleksikan kebiasaannya menggunakan ponsel. "Ada sifat manusia dalam diri kita semua untuk menganggap remeh suatu kebiasaan buruk yang kita lakukan," kata Cook.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS