Home Teknologi 3 Bus Elektrik Resmi Dioperasionalkan untuk Uji Coba

3 Bus Elektrik Resmi Dioperasionalkan untuk Uji Coba

1012

Jakarta, Gatra.com - Sebanyak tiga bus elektrik resmi beroperasional di jalanan Ibu Kota hari ini. Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat memantau uji coba bus elektrik di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Senin pagi (29/4).

Gubernur menjelaskan bahwa penggunaan bus elektrik ini berangkat dari masalah perubahan iklim yang mengancam hidup manusia, terutama di kawasan Jakarta. "Aspek lingkungan yang perlu diperhatikan secara serius di Jakarta yaitu aspek kualitas udara. Kualitas udara di sini sangat buruk dan ini membutuhkan perubahan yang drastis," terang Anies di lokasi.

Ia menilai langkah tersebut harus dimulai dengan konversi kendaraan umum secara massal. Satu diantaranya melalui Trans Jakarta (TJ). Anies ingin Trans Jakarta seluruhnya bisa bebas emisi.

Baca Juga: Indonesia Berpeluang Ekspor Mobil ke Australia

Sementara itu, tiga bus elektrik tersebut belum bisa digunakan secara komersil. "Insya Allah kami akan menambah jumlah bus elektrik ini. Pada fase ini belum digunakan untuk melayani rute-rute Trans Jakarta seperti biasanya karena masih dalam proses pengurusan izin administratif," kata Anies.

"Secara safety, teknis, busnya sudah siap. Secara administratif masih harus ada kepengurusan yang harus diselesaikan," imbuhnya.

Tiga bus ini, lanjutnya, nanti akan beroperasi sementara di sekitar Monas sebagai eksibisi. Kelak, masyarakat umum bisa mencobanya.

Baca Juga: Toyota: Rayakan 10 Tahun Eksistensi Hybrid di Tanah Air

Anies sendiri menceritakan pengalamannya saat mencoba bus tersebut. Sedikitnya ada dua hal yang menjadi sorotannya. "Satu tidak ada suara, sama sekali. Hal yang kedua, kita berada di dalam, sambil merasa bersyukur bahwa kendaraannya enggak mengeluarkan asap. Jadi tidak ada efek pada kualitas udara. Sesuatu yang Insya Allah bisa dirasakan seluruh warga Jakarta," sebutnya.

Lebih lanjut, Anies memperkirakan pada Juni atau Juli nanti, pengurusan administrasi bus akan selesai. Ia menyebut, pihaknya juga akan menambah jumlah busnya.

"Ini baru tiga, [kloter] pertama. Di bulan-bulan awal, Insya Allah akan 10 bus nantinya. Sambil kita siapkan proyeksi untuk semua bus TJ menggunakan listrik," ucap Anies.

 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS