Home Teknologi NASA: Asteroid 'Dewi Ular Mesir' Dekati Bumi di 2029

NASA: Asteroid 'Dewi Ular Mesir' Dekati Bumi di 2029

2915

Jakarta, Gatra.com - Badan Antariksa Nasional (NASA) memprediksi sebuah fenomena langka akan terjadi pada tahun 2029. Sebuah asteroid yang diberi nama Apophis akan mendekati bumi pada tahun tersebut dengan jarak 31.000 kilometer. 

Dilansir CNN, asteroid ini memiliki lebar 340 meter. Apophis diambil dari nama Dewa Ular Mesir yang juga berasosiasi dengan kematian.

"Apophis yang melintas dekat bumi pada 2029 akan menjadi kesempatan menakjubkan bagi sains. Tidak akan menabrak bumi," ujar ilmuwan NASA, Marina Brozovi, Kamis (2/5). 

Apophis dapat dilihat dengan mata telanjang sebagai cahaya terang di malam hari. NASA akan melakukan observasi dengan menggunakan teleskop optik dan radar.

"Ketika Asteroid (Apophis) melintasi Samudera Atlantik, cahaya berubah dari merah menjadi abu-abu, itulah moment terdekatnya," sambung dia.

Kehadiran Apophis di dekat bumi menjadi daya tarik bagi peminat sains.

"Apophis adalah perwakilan dari sekitar 2.000 asteroid yang berpotensi berbahaya. Dengan mengamati terbangnya Apophis pada 2029, kami mendapatkan pengatahuan ilmiah penting yang dapat digunakan untuk pertahanan planet ," ungkap Direktur Center for Near Earth Objects Studies, Paul Chodas.

 

 

Reporter : Syah Deva Ammurabi/CNN

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS