Home Ekonomi Usai Lebaran Diskoperindag Bakal Tertibkan Pedagang Liar

Usai Lebaran Diskoperindag Bakal Tertibkan Pedagang Liar

Tanjung Jabung Barat, Gatra.com - Keluhan pedagang di Pasar Parit I, Kota Kualatungkal, Jambi terkait banyaknya pedagang liar, akhirnya mendapat tanggapan dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tanjung Jabung Barat. Diskoperindag berencana akan mengambil tindakan tegas pada pedagang yang nekat berjualan di tepi jalan.
 
Kepala Diskoperindag Tanjung Jabung Barat, Syafriwan, ketika dikonfirmasi mengatakan, keluhan pedagang di pasar akan segera ditanggapi. Pihaknya memastikan akan melakukan penertiban.
 
"Fasilitas sudah dipenuhi, protes jalan becek juga sudah dibuatkan. Drainase dibangun, air bersih dan mushola disiapkan, jadi tidak ada alasan lagi," katanya Selasa (14/5).
 
 
Dikatakan Syafriwan, penertiban ini akan dilakukan secepatnya. Paling lambat usai lebaran, para pedagang liar sudah ditertibkan dan diminta kembali ke dalam pasar. Peringatan sebenarnya menurut Syafriwan sudah dikeluarkan. Hanya saja tidak direspon para pedagang liar ini dan masih saja berjualan di pinggir jalan.
 
"Nanti jangan ada yang protes kalau ditertibkan secara paksa. Didampingi mengganggu lalu lintas, limbah pedagang juga dikeluhkan warga setempat," ujar pria berkumis itu.
 
Selain akan memberikan tindakan tegas, jika nantinya ada pedagang yang membandel, maka Diskoperindag akan mencabut SK pedagang tersebut. Sehingga pedagang tersebut nantinya tidak bisa berjualan lagi di dalam pasar. 
 
Untuk mengisi lapak yang kosong, pihak dinas akan mencarikan pedagang lain untuk ditempatkan di sana. Sehingga nantinya semua lapak akan penuh. "Jadi kalau membandel, bakal tidak dapat lapak. Harus cari tempat lain di pasar lain untuk berjualan," katanya. 
181