Home Olahraga Pecahkan Rekornas, Zohri Dipastikan Lolos Olimpiade 2020

Pecahkan Rekornas, Zohri Dipastikan Lolos Olimpiade 2020

Osaka, Gatra.com - Sprinter muda Indonesia Lalu Muhammad Zohri berhasil memecahkan rekor nasional (Rekornas) dengan catatan waktu semula dari 10.13 detik menjadi 10.03 detik dalam perlombaan yang berlangsung di Yanmar Stadium Nagai Osaka, Minggu (19/5).

Dengan catatan waktu itu, Zohri dipastikan lolos ke Olimpiade 2020 dan Kejuaraan dunia di Doha pada september 2019 nanti. 

Ketua Umum  Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Bob Hasan mengapresiasi apa yang dipersembahkan Zohri dalam ajang kali ini, meski belum sepenuhnya memuaskan dan sesuai target tembus 10.00 detik. 

Baca Juga: Sprinter Zohri Bakal Hadapi Juara Dunia Sprint AS Justlin Gaitlin

“Kami mengucapkan selamat kepada Zohri, mampu memecahkan Rekornas. Namun saya sempat tegur dia karena belum tembus 10.00 sebagaimana yang diharapkan, padahal tinggal sekedipan mata saja," ujar Bob Hasan. 

Meski begitu, Bob Hasan berharap ke depannya Zohri dapat mencapai target yang diinginkan. 

Dalam Seiko Golden Grand Prix 2019 ini Zohri tampil gemilang dengan finis di urutan ketiga dan mempertajam rekor nasional (rekornas) lari 100 meter.

Pada babak final kejuaraan yang cukup bergengsi ini, sprinter terbaik Indonesia itu berhadapan langsung dengan juara dunia sprint asal Amerika Serikat, Justlin Gatlin serta sprinter tuan rumah Jepang yang sarat pengalaman.

Zohri yang pada final ini berada di line sembilan melaju dengan cepat dan akhirnya finis di urutan ketiga dengan catatan waktu 10,03 detik. 

Peringkat pertama direbut sang juara dunia Justlin Gatlin dengan waktu 10.00 detik dan peringkat dua wakil Jepang, Kiryu Yoshihide dengan 10,01 detik.

Bagi Zohri waktu yang ditorehkan itu meningkat pesat dibandingkan dengan rekornas yang selama ini ia pegang yaitu 10,15 detik.

Rekornas sendiri dipecahkan oleh atlet asal Nusa Tenggara Barat itu pada Kejuaraan Atletik Asia 2019 yang berlangsung di Doha, Qatar, Senin (21/4). 

Rekor sebelumnya dipegang oleh Suryo Agung dengan catatan waktu 10,17 detik yang bertahan selama 10 tahun.

Hasil di Jepang ini juga menunjukkan jika sprinter Indonesia mampu bersaing di level yang lebih tinggi. 

Usai pertandingan Zohri berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang terus mendukungnya. 

“Pertama saya berterima kasih kepada masyarakat Indonesia, khusus NTB, Kabupaten Lombok Utara. Saya bersyukur kepada Allah SWT. Masyarakat Indonesia atas doanya semua, khususnya PB Pasi, Pak Bob Hasan dan jajaran PB Pasi lainnya. Semuanya saya berterima kasih berkat doa dan Alhamdulillah prestasi terbaik,” katanya.

944