Home Teknologi Huawei Pamer Solusi PV Digital di Ajang Solar Show Philippines 2019

Huawei Pamer Solusi PV Digital di Ajang Solar Show Philippines 2019

Pasay, Gatra.com - Huawei merilis Solusi FusionSolar Residential dan Commercial Smart Photovoltaics (PV) yang inovatif, serta Solusi FusionSolar 6.0 Smart PV untuk LCOE yang optimal dengan modul bifacial PV di ajang “Solar Show Philippines 2019” di Kota Pasay, Filipina, Senin (27/5).

Dalam keterangan yang diterima Gatra.com, Selasa (28/5), dijelaskan bahwa SUN 2000 5-20KTL Three Phase Inverter & 375W-P2 2nd Generation Optimizer Solution diluncurkan pertama kali di Asia Pasifik. Produk ini akan digunakan di gedung hunian serta industri skala kecil dan penggunaan di atap bangunan. Produk inverter ini menerapkan multiple maximum power point trackers (MPPT) demi mendapatkan daya maksimal dari string PV.

Sejumlah kelebihannya yakni butuh waktu kurang dari lima detik dalam pembuatan tampilan fisik modul secara otomatis oleh Pemindaian Citra AI: Identifikasi Citra pada model tata letak modul lewat aplikasi. Selain itu juga hanya butuh kurang dari 1,5 menit dalam pemasangan optimizer lewat kinerja chipset mereka. Huawei sekaligus meluncurkan perangkat smart inverters dengan chipset Hisilicon bawaan, yang disebut teknologi turbo digital. Hasilnya, inverter bisa berkomunikasi dengan optimizer secara lebih cepat dan piawai ketimbang sebelumnya.

Baca Juga: Adaro Energy Jajaki Investasi Energi Matahari

Huawei AFCI (Arc Fault Circuit Interrupter) secara proaktif mengurangi risiko kebakaran. Smart I-V Curve Diagnosis berguna untuk pemeriksaan kesehatan modul masif jarak jauh. Pemulihan PID berguna untuk memperpanjang daur hidup modul.

Dengan berbagai fitur baru yang menarik, keamanan yang optimal, dan pengalaman yang lebih baik, produk smart inverter Huawei SUN2000 15-20KTL meraih Intersolar Award di Intersolar 2019 minggu lalu di Munich, Jerman.

Pada ajang di Pasay, Huawei juga memamerkan FusionSolar 6.0 Smart PV Solution miliknya yang dapat digunakan untuk berbagai proyek berskala besar. Solusi tersebut secara menyeluruh mengintegrasikan teknologi informasi digital dan AI dengan photovoltaics.

Baca Juga: Empat Kecamatan Gunakan Penerangan Jalan Bertenaga Surya

Dibandingkan dengan solusi tradisional, FusionSolar Smart PV Solution dengan multi-MPPT meningkatkan keluaran hingga lebih dari 2% dan efisiensi O&M meningkat 50% lebih. Selain itu, Huawei mematenkan algoritma multi-peak yang mampu melacak titik daya tertinggi (power peak) dalam waktu 200 milidetik. Dengan 9 MPPT, sistem ini dapat mengurangi ketidakcocokan string secara efektif.

Analisis big data dapat secara proaktif menemukan unit berkinerja rendah, merevolusi pemeliharaan yang pasif menjadi pemeliharaan yang bersifat aktif dan preventif. Aplikasi lebih lanjut dari AI mampu mengembangkan aspek operasional dan pemeliharaan pabrik PV ke arah "kendaraaan swakemudi". Akibatnya, LCOE (Levelized Cost of Electricity) akan berkurang lebih dari 8%. Hal ini dapat mendorong peningkatan industri PV secara komprehensif menjadi lebih canggih

Huawei Smart PV bertekad menghadirkan teknologi digital ke setiap organisasi untuk dunia yang sepenuhnya terhubung dan canggih. Berdasarkan laporan yang dirilis oleh konsultan global IHS Markit, Huawei menduduki peringkat No.1 secara global dalam pengiriman inverter selama empat tahun berturut-turut, 2015 hingga 2018.

 

 

 

 

 

199