Home Kesehatan Setiap Minggu Manusia Makan Plastik Seukuran Kartu Kredit

Setiap Minggu Manusia Makan Plastik Seukuran Kartu Kredit

Australia, Gatra.com - Manusia makan sekitar lima gram mikroplastik setiap minggunya. Ukuran tersebut sama dengan ukuran kartu kredit atau kartu ATM yang kita gunakan.

Fakta itu ditemukan oleh peneliti dari Universitas Newcastle, Australia yang bekerjasama dengan World Wildlife Fund for Nature (WWF).

“Untuk pertama kalinya, penelitian ini menawarkan estimasi yang tepat tentang jumlah plastik yang dicerna oleh manusia,” kata seorang ilmuwan yang ikut andil dalam penelitian, Dr. Thava Palanisami, seperti dikutip dari Fox News

Setelah menggunakan lebih dari 50 studi tentang mikroplastik, para peneliti menemukan, bahwa manusia mencerna 2.000 partikel plastik dalam setiap minggu. Kebanyakan partikel-partikel itu berasal dari air minum, baik dari keran atau bahkan dari botol kemasan yang dikonsumsi setiap harinya.

Menurut Palanisami, air minum yang dikonsumsi manusia terkontaminasi limbah plastik. Tidak hanya dari air minum, kandungan plastik ditemukan juga di pada bir, garam dan yang terbesar pada kerang.

Karena hal itu, WWF sebagai lembaga pendukung penelitian, mengatakan kepada pemerintah untuk waspada. Masalah pencemaran plastik itu, saat ini bukan hanya sebagai suatu masalah kecil, melainkan masalah besar yang dihadapi oleh seluruh negara di dunia.

“Plastik mencemari tidak hanya lautan dan saluran air kita saja. Tapi juga kehidupan laut dan manusia. Oleh karenya, pemerintah global perlu melakukan tindakan mendesak untuk menghadapi krisis ini,” kata organisasi itu dalam pernyataannya.

728