Home Gaya Hidup Baturraden Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2019

Baturraden Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2019

Banyumas, Gatra.com- Kawasan wisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, mewakili provinsi Jawa Tengah masuk sebagai nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2019. Kawasan wisata di lereng Gunung Slamet ini bakal bersaing dengan 9 destinasi pada kategori Dataran Tinggi Terpopuler.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Asis Kusumandani mengatakan lolosnya kawasan wisata andalan Kota Keripik sebagai calon penerima penghargaan API Award 2019 sudah menjadi prestasi yang membanggakan. Nama Baturraden akan tersohor dan dikenal luas oleh masyarakat di Indonesia.

"Baturraden masuk sebagai 10 besar kategori dataran tinggi. Jawa Tengah ya hanya Baturraden. Ini sebuah prestasi tersendiri," kata Asis kepada Gatra.com.

Asis mengatakan, kawasan wisata ini memiliki sejumlah objek wisata. Baik yang dikelola pemerintah kabupaten, swasta, maupun desa wisata. Tak hanya dikenal kecantikan alamnya, di daerah ini juga terdapat potensi wisata budaya, kuliner, cinderamata, hingga kawasan wisata khusus seperti: jelajah ngarai atau canyoning dengan rute dan jalur terlengkap dibandingkan daerah lain di Indonesia.

Lokawisata Baturraden sendiri pernah dua kali meraih penghargaan Abiwara Pariwisata Jawa Tengah pada kategori objek wisata yang dikelola oleh Pemerintah untuk lomba kepariwisataan tingkat Provinsi Tengah.

Asis menghimbau masyarakat Banyumas untuk menyebarluaskan informasi tersebut, serta memberi dukungan kepada Baturraden menjadi kawasan wisata terpopuler dengan cara mengirim pesan pendek (SMS) dari seluruh provider telepon selular.

Untuk diketahui pada kontestasi tersebut, Baturraden akan bersaing objek wisata lainnya semisal: Batu Runcing (Sawahlunto), Bukit Bawang Bakung (Kabupaten Lampung Barat), Bukit Kaba (Kabupaten Rejang Lebong), Bukit Pulo Dua (Kabupaten Banggai) dan banyak lagi.

Gelaran tahunan milik Kementerian Pariwisata ini bertujuan untuk membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata, serta mendorong peran serta pihak terkait untuk berupaya mempromosikan pariwisata daerah.

757