Home Politik Akmil Gelar Latihan Yudha Taruna/Taruni 2019

Akmil Gelar Latihan Yudha Taruna/Taruni 2019

Magelang, Gatra.com – Akademi Militer (Akmil) mengadakan Latihan Yudha Taruna/Taruni 2019 di Wonosobo, Senin (17/6). Latihan itu bertujuan mengasah teknik dan taktit bertempur para taruna.

Gubernur Akademi Militer, Mayjen TNI Dudung Abdurachman, mengatakan, Yudha Taruna adalah rangkuman praktik materi latihan yang diajarkan selama masa pendidikan.

Taruna akan melalui ujian dengan mengaplikasikan materi latihan taktis tempur dalam lapangan pada satuan tingkat regu hingga peleton. Mereka juga akan mempraktikkan pola pertempuran dalam hubungan kompi dan batalyon.

“Agar para taruna dan taruni Akmil melaksanakan latihan dengan penuh kesungguhan dan semangat tinggi. Medan latihan akan menjadi bekal pengalaman berharga bagi kalian dalam pelaksanaan tugas sebagai komandan peleton atau yang setingkat,” kata Mayjen TNI Dudung Abdurachman di Lapangan Pancasila Akademi Militer.

Yudha Taruna juga menuntut kemampuan taruna/taruni dalam memahami dan menerapkan hukum humaniter dan hak asasi manusia. Latihan tersebut merupakan latihan puncak bagi taruna tingkat III Akademi Militer.

Latihan Yudha Taruna 2019 diikuti 778 orang taruna/taruni yang terdiri dari 294 taruna tingkat I, 233 taruna tingkat II, dan 251 taruna tingkat III. Kegiatan  dilaksanakan 17-20 Juni 2019 di Wonosobo, Jawa Tengah.

“Perhatikan faktor keamanan selama latihan, mengingat medan latihan yang akan dihadapi cukup bervariasi. Jaga nama baik Akademi Militer di masyarakat dengan selalu menampilkan sikap, perilaku, dan tutur kata sebagai seorang taruna dan taruni yang dapat dibanggakan,” kata Gubernur Akmil. 

 

1504