Home Internasional Cina Minta Kanada Hentikan Pengiriman Daging

Cina Minta Kanada Hentikan Pengiriman Daging

Ottawa, Gatra.com - Pemerintah Cina meminta Kanada untuk berhenti mengizinkan pengirim daging ke Cina setelah adanya insiden ditemukannya sertifikat ekspor palsu. Hal ini diungkapkan Cina pada Selasa (25/6) waktu setempat.

Seperti dilansir dari Reuters, permintaan ini dilayangkan Cina empat hari sebelum dilakukannya pertemuan antara Cina dan Amerika Serikat untuk menyelesaikan sengketa dagangnya. Perang dagang antara Cina dan AS ini membuat Kanada terjebak dalam situasi yang tidak menguntungkan.

Kedutaan besar Cina di Kanada mengatakan bahwa hasil investigasi atas sertifikat ekspor Kanada telah menguak adanya 188 dokumen palsu mengenai kesehatan hewan. Selain itu, terungkap juga adanya celah yang cukup jelas dalam keamanan sertifikasi ini.

Baca Juga: INDEF Sarankan Pemerintah Dorong Serapan Daging Ayam

Menteri Pertanian Kanada, Marie-Claude Bibeau sendiri mengatakan bahwa Badan Inspeksi dan Makanan Kanada (CFIA) telah mengkonfirmasi penemuan sertifikat ekspor yang tidak otentik.

"Cina telah mengambil langkah-langkah pencegahan yang mendesak dan meminta pemerintah Kanada untuk menunda penerbitan sertifikat untuk daging yang diekspor ke Cina," ujar Kedubes Cina dalam sebuah pernyataan.

Kedubes Cina menambahkan, pihaknya berharap Kanada akan lebih mementingkan insiden ini. Mereka meminta Kanada untuk menyelesaikan penyelidikan sesegera mungkin dan mengambil langkah-langkah efektif untuk memastikan keamanan pangan yang diekspor ke Cina dengan cara yang lebih bertanggung jawab.

Baca Juga: Harga Anjlok, Peternak Yogyakarta Bagikan Ayam Gratis

Bibeau mengatakan bahwa CFIA telah bekerja sama dengan pihak industrial serta pejabat-pejabat Cina untuk menangani masalah ini. “CFIA sedang menyelidiki masalah teknis ini dan telah memberi tahu lembaga penegak hukum yang tepat. Kejadian ini khusus untuk sertifikat ekspor ke Cina. Sertifikat ekspor ke negara lain tidak terpengaruh," tambahnya.

Ia tidak mengatakan apakah CFIA akan menangguhkan sertifikat-sertifikat ekspor itu. Tetapi seorang sumber pemerintah Kanada mengatakan mengatakan bahwa masalah itu adalah teknis dan bukan masalah politik. Penangguhan sertifikat sementara dapat saja sewaktu-waktu diberikan.

Hubungan antara Cina dan Kanada menurun dengan tajam sejak Desember lalu. Hal ini terjadi setelah Kepala Keuangan Huawei Technologies Co, Meng Wanzhou ditahan di Vancouver dengan surat perintah penangkapan yang dikeluarkan AS. Meng membantah telah melakukan kesalahan dan Cina sedang memintanya untuk kembali ke Beijing.

Baca Juga: Harga Anak Ayam Hidup Jatuh Akibat Oversupply

Setelah penangkapan Meng, Cina juga melakukan penahanan terhadap dua orang Kanada yang secara resmi dituduh melakukan spionase. Kanada berkomentar bahwa penangkapan dua orang pria itu adalah sebuah tindakan yang sewenang-wenang. Hal ini berakibat Cina memblokir impor benih kanola dari Kanada.

Pernyataan yang dikeluarkan Kedubes Cina pada Selasa (25/6) lalu mengenai penangguhan impor daging dari Kanada tidak dikaitkan dengan kasus Meng.

 

357