Home Gaya Hidup Menanam Triliunan Pohon untuk Mengatasi Pemanasan Global

Menanam Triliunan Pohon untuk Mengatasi Pemanasan Global

Washington, D.C, Gatra.com - Ahli ekologi perubahan iklim di Institut Teknologi Federal Swiss di Zurich, Thomas Crowther berujar, cara paling efektif mengurangi pemanasan global dan perubahan iklim melalui penanaman banyak pohon. Penelitian terbaru ilmuwan Swiss menghasilkan upaya pencegahan pemanasan global dengan memperluas wilayah bagi tanaman, setidaknya 3,5 juta mil persegi (9 juta kilometer persegi). 

Manfaat yang didapat karena pohon menghilangkan lebih banyak karbon dari udara. Potensinya di daerah tropis. 

"Sejauh ini [menanam pohon] merupakan solusi perubahan iklim termurah dan yang paling efektif," ujarnya kepada  Associated Press.

Enam negara besar dengan ruang terbanyak untuk pohon baru adalah Rusia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Brasil, dan Cina.

Sebelumnya, Crowther berpendapat, ada cara lain yang lebih efektif untuk memerangi perubahan iklim selain mengurangi emisi. Ia mengibaratkan penanaman pohon jauh lebih efektif karena mengeluarkan banyak karbon dioksida dari udara.

Namun, menurut Ilmuwan lingkungan Universitas Stanford, Chris Field, penerapannya tidak semudah yang dibayangkan. 

“Tetapi pertanyaan apakah layak untuk memulihkan hutan sebanyak ini jauh lebih sulit,” kata Field kepada Associated Press.

1831