Home Internasional Suhu Panas di Inggris Capai Level Tertinggi Dalam Sejarah

Suhu Panas di Inggris Capai Level Tertinggi Dalam Sejarah

London, Gatra.com - Gelombang panas sedang melanda negara-negara di benua Eropa. Seperti di negara Inggris, suhu panas mencapai 38,7 derajat Celcius dan termasuk yang tertinggi dalam sejarah.

"Suhu di London kini merupakan suhu terpanas yang pernah terjadi," kata sebuah pernyataan dari Badan Prakiraan Cuaca Inggris (Met Office), dilansir BBC, Selasa(30/7).

Baca Juga: Perang Antar Geng di Penjara Brasil, 52 Orang Tewas

Taman Botani Universitas Cambridge, Inggris yang memantau suhi ini menjelaskan, suhu terpanas di Inggris kali ini mengalahkan rekor suhu panas sebelumnya, yang mencapai 38,5 Celcius dan pernah terjadi di Kent, Inggris Utara pada bulan Agustus 2003.

Direktur Taman Botani Universitas Cambridge, Beverley Glover mengatakan, sejarah panjang tentang pencatatan cuaca sangat penting bagi para peneliti untuk menganalisis perubahan iklim.

Baca Juga: Tokoh Oposisi Rusia Terpapar Zat Kimia Misterius

"Namun, kita tidak bisa berhenti cemas pada suhu tinggi ini. Kita sadar iklim lokal kita semakin panas, dengan konsekuensi yang tak terhindarkan bagi tanaman dan hewan di sekitar kita," tandasnya.

Sebelumnya, suhu panas yang terjadi juga membuat seluruh jaringan kereta api di Inggris terganggu. Sebagian besar jadwal kereta dibatalkan, sementara keberangkatan lainnya mengalami penundaan keberangkatan.

Eropa tengah dilanda gelombang yang cukup ekstrem. Tak hanya di negara Inggris, suhu panas di atas 40 Celcius bahkan terjadi di Prancis, Jerman dan Belanda.

Ibu kota Paris mencatat rekor suhu mencapai 42,6C dan laporan Perancis menunjukkan lima kematian yang dikaitkan dengan gelombang panas. Di bagian utara Jerman, sungai dan danau mengering, dan mengancam ekosistem ikan di sana.

766