Home Olahraga Mexico City Perpanjang Kontrak dengan F1 Hingga 2022

Mexico City Perpanjang Kontrak dengan F1 Hingga 2022

Mexico City, Gatra.com - Ibu kota Meksiko resmi menandatangani kesepakatan dengan Federasi Motor Internasional (FIA) untuk melanjutkan menjadi tuan rumah balapan Formula Satu hingga 2022, setelah berbulan-bulan ketidakpastian tentang masa depan Grand Prix Meksiko.

Pemerintah Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, seorang pejuang penghematan yang berhaluan kiri, menolak keras untuk mengeluarkan puluhan juta dolar untuk memperbarui hak tempat tinggalnya untuk lomba. Di bawah kontrak baru, tidak ada uang pemerintah yang akan dibelanjakan, kata para pejabat.

"Ini adalah investasi dengan aturan baru, untuk kepentingan kota. Kami sedang mencari formula baru agar F1 dapat bertahan, tanpa perlu sumber daya publik," kata Walikota Mexico City Claudia Sheinbaum dikutip dari AFP, Jumat (9/8).

Kepala eksekutif perusahaan yang mengoperasikan balapan F1 Meksiko, Alejandro Soberon, CIE, mengatakan investasi swasta dan "model pembiayaan baru" akan digunakan untuk membuat edisi balapan 2020-2022.

Pejabat tidak mengatakan siapa investor itu. Surat kabar Meksiko Milenio mengatakan mereka termasuk miliarder telekomunikasi Carlos Slim orang terkaya di Meksiko dan perusahaan seperti Coca-Cola, Heineken dan Citibanamex.

Balapan ini sekarang akan disebut Grand Prix Mexico City. Sheinbaum mengatakan penting bagi kota untuk mempertahankan balapan. Acara tahun ini, dijadwalkan 27 Oktober, diperkirakan akan membawa sekitar $700 juta bagi ekonomi lokal, menciptakan 8.000 pekerjaan jangka pendek dan membawa 300.000 pengunjung internasional ke ibukota, katanya.

Grand Prix Meksiko adalah salah satu yang paling meriah di sirkuit F1, terkenal karena penggemar antusias mengenakan pakaian mariachi atau banyak kostum gulat "lucha libre".

202