Home Gaya Hidup Dampak Erupsi, Jumlah Pendaki Gunung Kerinci Turun Drastis

Dampak Erupsi, Jumlah Pendaki Gunung Kerinci Turun Drastis

Kerinci, Gatra.com – Perayaan Hari Kemerdekaan RI menjadi momen bagi para pendaki untuk melakukan pendakian ke Gunung Kerinci. Namun tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana jumlah pendaki mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Biasanya pada saat momen 17 Agustus atau tahun baru, jumlah pendaki mencapai 1.500 orang. Namun tahun ini, hingga Jumat (16/8) siang, jumlah pendaki yang naik baru 538 orang.

Kepala Resort Kerinci Utara, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BB-TNKS), Evarizal Mirza saat dikonfirmasi juga mengakui adanya penurunan jumlah pendaki Gunung Kerinci.

“Sampai siang ini hanya 538 orang pendaki yang naik ke Gunung Kerinci. Biasanya sudah mencapai ribuan orang. Memang jumlahnya sedikit turun,” katanya.

Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab terjadinya penurunan jumlah pendaki Gunung Kerinci. Di antaranya adalah karena dampak erupsi yang terjadi beberapa waktu lalu.

Di samping itu, juga dikarenakan banyaknya jumlah pendaki yang naik saat lebaran kemarin. Mereka yang sudah naik saat lebaran, kemungkinan tidak akan naik saat 17 Agustus.

“Meski erupsi tidak terlalu berbahaya, namun memiliki dampak terhadap jumlah pendaki, yang mengalami penurunan,” ucap Eva.

469