Home Ekonomi Dua Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Beroperasi Akhir Tahun

Dua Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Beroperasi Akhir Tahun

Jakarta, Gatra.com - PT Hutama Karya (Persero) memastikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) akan selesai selesai tepat waktu.

Akhir 2019 ini, dua ruas JJTS akan segera diresmikan dan siap beroperasi. Keduanya adalah Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 185 kilometer dan Ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer.

Direktur Utama PT Hutama Karya (HK), Bintang Perbowo mengatakan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo bulan ini.

"Tol ini bakal menghubungkan Bakauheni dan Palembang jarak kedua tempat ini hanya 4 jam. Sekarang pembangunan fisik tol sudah 100% tinggal diresmikan saja," jelasnya dalam acara Ngopi BUMN di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (5/9).

Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol (PBJT) HK, Agung Fajarwanto mengatakan HK hanya tinggal melengkapi rest area dan beberapa fasilitas umum lain di ruas tol tersebut.

"Sekarang tinggal melengkapi kekurangan-kekurangannya seperti rest area. Kalau hambatan sudah tidak ada, kemarin hanya soal pengadaan tanahnya, ada beberapa yang tertinggal. Tapi bagi kami itu bukam hambatan," jelas Fajar.

Sementara itu, HK menargetkan pengoperasian Ruas Pekanbaru-Dumai di akhir November 2019. Menurut Bintang Perbowo saat ini pembebasan lahan sudah hampir 100%.

"Kalau di Sumatera Utara, di Ruas Medan-Binjai, HK sudah merampungkan pembangunan jalan tol seksi 2 dan 3 sepanjang 11 km, sedangkan seksi 1 progres konstruksi mencapai 89%, kami targetkan bakal beroperasi penuh pada bulan Desember 2019," terangnya.

414