Home Politik HUT TNI AL ke-74, Kasal: TNI AL Siap Membangun SDM Unggul

HUT TNI AL ke-74, Kasal: TNI AL Siap Membangun SDM Unggul

Jakarta, Gatra.com - TNI Angkatan Laut (AL) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-74. Dalam kesempatan itu Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengatakan bahwa sumber daya manusia merupakan faktor utama dalam kemajuan pertahanan Indonesia.

"Perlu kita sadari bersama bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam konseptual fisik dan moral," kata Siwi dalam sambutannya di Upacara Peringatan HUT ke-74 TNI AL di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (10/9).

Selaras dengan visi pemerintahan kedepan, area yang menjadi fokus utama untuk TNI AL tahun ini adalah peningkatan pembangunan SDM. "Pada HUT hari ini tema yang diambil adalah bersama rakyat TNI AL siap membangun SDM unggul pondasi Indonesia maju," tutur Siwi.

Menurut Siwi, keunggulan SDM AL merupakan tuntutan. Ia menyebut seluruh prajurit telah terdidik dan dilatih secara maksimal serta terjamin kesejahteraannya. Kesiapan ini hanya bisa dicapai dengan pemenuhan personel yang profesional dibidangnya. Pemenuhan senjata dan amunisi sesuai secara pokok. "Kelengkapan sarana dan prasarana serta dukungan kondusif terpadu," tambah Siwi.

Siwi menambahkan, selain untuk mencapai kesiapan operasional kebijakan pembangunan juga diarahkan ke peningkatan profesionalisme personil. Lembaga pendidikan dan pelatihan di lingkungan AL harus mampu  mengimbangi perkembangan, pengetahuan dan tantangan tugas serta memiliki perjuangan hg tinggi. Sehingga mampu bersaing di dunia yang semakin ketat. "Kedepan kita harus menguasai keterampilan  dan ilmu pengetahuan keangkatan lautan sekaligus dan berkarakter yang kuat," tutupnya

 

495