Home Teknologi Indofood Bantu Dana Riset 63 Mahasiswa se-Indonesia

Indofood Bantu Dana Riset 63 Mahasiswa se-Indonesia

Jakarta, Gatra.com - PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui program Indofood Rlsat Nugraha (IRN) periode 2019-2020 memberikan bantuan dana riset kepada 63 mahasiswa dari 45 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Selain itu, mahasiswa penerima dana juga akan mendapatkan pendampingan dan bimbingan teknis dari Tim Pakar IRN. 
 
Pengembangan Sistem Pangan Borkelanjutan Berbasls Potensi dan Kearifan Lokal untuk Peningkatan, Kecerdasan, Kesehatan dan Prestasi Bangsa dipilih sebagai tema IRN periode 2019-2020. Acara Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan di Jakarta pada Rabu (11/9) dan dihadiri oleh mahasiswa, dosen pembimbing, Jajaran Manajemen Indofood dan Tim Pakar IRN. 
 
Direktur PT lndofood Sukses Makmur Tbk selaku Ketua Program IRN, Suhaimi Suriady mengungkapkan 63 proposal terpilih tersebut diseleksi oleh Tim Pakar IRN dari 318 proposal yang layak menerima dana riset.
 
Kemudian, Ia melanjutkan pihaknya memilih tiga peserta sebagai Peneliti Terpilih IRN 2018-2019. "Tiga peneliti terpilih akan mendapat kesempatan mengikuti scientilic Tour ke Singapura untuk mempelajati proses penelitian dan prasarana penelman yang Iebih mumpuni," lanjut Suhaimi.
 
Katua Tlm Pakar IRN, Purwiyatno Hariyadi mengatakan program IRN bertujuan mendorong para mahasiswa dan berbagai universitas untuk Iebih peka dan jeli mengidentifikasi dan mangeksplomsi pangan yang ada di sekitamya, terutama sumber-sumber lokal yang berpotensi meningkatkan kecerdasan, kesehatan, dan prestasi bangsa.
 
Sambungnya, Indofood ingin mengembangkan sumber daya manusia melalui ajang ini. "Ini wujud kontribusi industri (Indofood) terhadap pendidikan tinggi, khususnya penelitian tentang pangan. Ini bisa diajukan ke semua bidang studi," tuturnya.
 
Hariyadi menjelaskan pihaknya mendorong hasil penelitian penerima dana untuk dipublikasikan dan terbuka bagi siapapun untuk mengembangkannya. "Bicara hak cipta, itu hak mereka (peneliti)," ungkapnya.
 
Lanjutnya, setelah penandatanganan MoU para mahasiswa akan mendapat pelatihan kepemimpinan dan klinik pelatihan (coaching clinic). Selain itu, akan dilakukan dua kali proses audit terhadap penelitian yang dilakukan.
 
Komisaris Utama PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Fransiscus Welirang menekankan pentingnya peran peneliti bagi negara, termasuk mewujudkan kemandirian pangan. Lanjutnya, program ini sudah berjalan sejak tahun 1998. 
 
"Hasil IRN yang ada kalau mau ditangkap untuk unit-unit Indofood silahkan, mau yang lain juga silahkan," jelasnya.
 
Berikut tiga mahasiswa yang mendapat penghargaan "Peneliti Terpilih IRN 2018-2019":
 
1. Mariska Priscilla, Universitas Surya Tangerang 
 
Judul Penelitian : Efak Hipoglikemik Beras Analog Berbahan Dasar Umbi Gamt (Marantha amndinaceao L.) dan Kacmg Tunggak (Vigna unguiculuta L.) temadap kadar Gula Darah dan Hispatologi Pankraas Tikus Diabetik
 
2. Muhammad Fahrurrozi Absirin, lnstitut Pertanian Bogor 
 
Judul Penelitian : Kinerja Produksi Ikan Sidat Anguilla bicolor Alkanitas 50 mg/L dengan Salinitas Berbeda pada Sistem Resirkulasi 
 
3. Sayyidul Fath, Univetsitas Syiah Kuala 
 
Judul Penelitian : Optimalisasi Pertumbuhan dan Hasil Dua Varietas Tanaman Jagung Mams (Zea mays saccharata Sturt) Menggunakan Rizobakteri Pemacu Pertumbuhan Tanaman 
 
 
 
 
 
 
303