Home Olahraga POMNAS Usai, Cabang E-Sport Berpotensi Dilombakan di 2020

POMNAS Usai, Cabang E-Sport Berpotensi Dilombakan di 2020

Jakarta, Gatra.com - Telah berakhirnya Gelaran Pekan Olahraga Mahasiswa (POMNAS) ke-16 Tahun 2019 ini menyisakan banyak masukan dalam penyelenggaraan kedepan. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir.

Nasir mengatakan bahwa dirinya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah menyukseskan gelaran POMNAS ke-16 di Jakarta kali ini. Dia mengungkapkan bahwa penyelenggaraan POMNAS ke-17 di Sumatera pada tahun depan bisa lebih sukses daripada penyelenggaraan di Jakarta tahun ini.

"Juga mudah-mudahan pelaksanaan ini bisa menghasilkan prestasi-prestasi di bidang olahraga. Saya mendengar juga ada pemecahan rekor nasional di renang. Luar biasa ini bisa memecahkan rekor nasional. Ini membuktikan bahwa banyak potensi dari anak muda Indonesia di bidang olahraga," ucap Nasir di Jakarta, Jumat (27/9).

Baca Juga: Jakarta dan Jateng Bersaing Ketat Raih Medali Cabor Atletik

Hal yang menarik pada penyelenggaraan POMNAS tahun ini, ada penambahan 4 cabang ekshibisi yaitu salah satunya e-sport. Sebagai cabang ekshibisi, pemenang dari cabang e-sport tidak dimasukan dalam daftar medali dan baru diikuti oleh 6 provinsi saja. Kedepan, mengingat perkembangan teknologi yang makin maju, mungkin saja e-sport bisa menjadi cabor utama yang diperlombakan dalam POMNAS.

"Harapan saya nanti kalau misal memungkinkan, e-sport ini bisa kita masukkan sebagai cabor, maka kita masukkan. Juga masalah bridge. Ini kemarin karena belum ada, ke depan bisa masuk dalam ekshibisi, atau bahkan bisa masuk ke dalam cabor yang diperlombakan," pungkas Nasir.

Sebelumnya, dalam penutupan gelaran POMNAS ke-16, Nasir mengungkapkan terima kasih kepada dukungan dari berbagai pihak. Dalam gelaran kali ini sendiri, Provinsi DKI Jakarta keluar sebagai juara umum diikuti oleh Jawa Barat dan Jawa Timur.

Baca Juga: E-Sport Masuk POMNAS 2019, Game Ini yang Dipertandingkan

Berikut perolehan medali akhir POMNAS 2019 :

1. DKI Jakarta (75 emas, 54 perak, 33 perunggu)

2. Jawa Barat (24 emas, 20 perak, 37 perunggu)

3. Jawa Timur (22 emas, 17 perak, 34 perunggu)

4. Jawa Tengah (21 emas, 30 perak, 33 perunggu)

5. Bali (9 emas,14 perak, 13 perunggu)

Baca Juga: Gelaran POMNAS 2019 Dibuka, Semangat, Sportif, Berprestasi

6. Sumatera Utara (9 emas,9 perak, 12 perunggu)

7. DI Yogyakarta (7 emas, 14 perak, 12 perunggu)

8. Sulawesi Selatan (5 emas, 8 perak, 21 perunggu)

9. Riau (4 emas, 4 perak, 9 perunggu)

10. Kalimantan Timur (3 emas, 4 perak, 5 perunggu)

125