Home Politik Banwaslu Ajak Masyarakat Ikut Awasi Pilgub Jambi 2020

Banwaslu Ajak Masyarakat Ikut Awasi Pilgub Jambi 2020

Tebo, Gatra.com - Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Kabupaten Tebo mengajak seluruh elemen masyarakat ikut mengawasi Pemilihan Calon Gubernur (Pilgub) Jambi tahun 2020 mendatang. Ajakan ini disampaikan langsung oleh Ketua Banwaslu Tebo, Farida saat Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Dalam Rangka Kilas Balik Proses Pengawasan Pelanggaran Pemilu 2019, di Hotel Alya Kabupaten Tebo, Senin (7/10).

Dalam sambutannya, Farida mengatakan pada Pemilu 2019 kemarin ditemukan 6 pelanggaran di wilayah Kabupaten Tebo. "Dari 6 pelanggan itu, 4 pelanggaran administrasi, satu pelanggaran atau politik uang. Dan satu lagi pelanggaran pidana," kata Farida.

Untuk meminalisir pelanggaran kata dia, pihaknya menggelar sosialisasi ini dengan harapan para peserta yang hadir dapat memahami bagaimana cara melakukan pengawasan Pemilu partisipatif. Tujuannya agar pelanggaran Pemilu dapat dicegah atau diminimalisir.

“Sebentar lagi kita akan menyelenggarakan Pilgub. Sosialisasi ini merupakan bagian dari kegiatan Banwaslu dalam melakukan pencegahan, pengawasan dan penegakan dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2020 nanti,” katanya.

Selain itu kata dia lagi, maksud dari kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang cara kerja atau manajemen pengawasan Pilgub Jambi. Pada pelaksanaannya nanti akan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Diakui dia, proses pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Tebo telah terlaksana dengan baik dan sukses. Kendati demikian, dia berharap pada pelaksanaan Pilgub nantinya bisa terlaksana dengan aman damai dan kondusif.

"Untuk itu kami mengajak semua elemen masyarakat untuk sama-sama berperan dalam mengawasi Pilgub 2020 nanti. Soalnya, dalam pengawasan tidak cukup hanya Banwaslu saja," kata dia.

Setidaknya sekitar 100 orang peserta yang hadir dan mengikuti kegiatan ini di antaranya pihak kepolisian, para camat, wartawan dan para undangan lainnya. Sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Banwaslu Provinsi Jambi, Polres Tebo yang diwakili oleh Kapolsek Tebo Tengah dan Kejari Tebo yang diwakili oleh Kasi Datun.

152