Home Ekonomi Wapres Terpilih Minta Pelaku Usaha Berkolaborasi dengan Desa

Wapres Terpilih Minta Pelaku Usaha Berkolaborasi dengan Desa

Jakarta, Gatra.com - Wakil Presiden terpilih, Ma'ruf Amin, meminta kepada para pelaku usaha untuk berkolaborasi atau bermitra dengan desa. Kemitraan itu merupakan keniscayaan untuk menjadikan desa sebagai tonggak ekonomi kerakyatan.

"Pembangunan ekonomi kerakyatan itu harus dibangun dari bawah, dari rakyat. Untuk itu, perusahaan-perusahaan ini harus mau berkolaborasi atau bermitra dengan desa-desa yang punya usaha," kata Ma'ruf saat membuka acara peresmian Yayasan Dewa Dewi di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin malam (7/10).

Dengan adanya kemitraan antara perusahaan dan desa, nantinya diharapkan, tidak akan ada lagi kesenjangan antara desa atau daerah-daerah tertentu. Karena dengan adanya kemitraan tersebut, akan membuat desa yang tingkat ekonominya lemah menjadi kuat, pun sebaliknya, desa yang kuat akan mengajarkan desa-desa yang lemah agar menjadi setara.

Selain dari pelaku usaha, dibutuhkan pula dukungan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah daerah, pemerintah pusat, maupun dari masyarakat desa itu sendiri. "Ini nanti biar tidak ada lagi kesenjangan antardesa," ujar Ketua MUI ini.

Ma'ruf melanjutkan, dukungan itu dapat berupa berbagai macam hal. Seperti perusahaan yang menjadi off taker atau penadah produk dari desa-desa industri atau pemerintah sebagai sarana promosi dan pembiayaan.

295