Home Kebencanaan Kobaran Api Bakar Kawasan Tahura Seluas 50 Hektar

Kobaran Api Bakar Kawasan Tahura Seluas 50 Hektar

276

Batanghari, Gatra.com - Kawasan Taman hutan raya (Tahura) Sultan Thaha Syaifuddin wilayah Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Jambi kembali terbakar.

Kobaran api meluas hingga membakar sedikitnya 50 hektar kawasan Tahura ini. Bencana kebakaran Tahura diketahui berdasarkan laporan Tim Satgas Darat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari.

"Total luas Tahura yang terbakar sekira 50 hektar setelah Tim Satgas Darat DLH turun ke lokasi," kata Kepala Brigade Pengendalian Kebakaran (Brigdalkar) Tahura Sultan Thaha Saifuddin, Sandhya Ananda dikonfirmasi awak media, Senin (14/10).

Ia berkata Tim Satgas Darat masih berada di lokasi memantau kebakaran Tahura. Tim tidak bisa memadamkan kobaran api akibat kondisi jalan tidak bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat.

"Sampai saat ini api masih terus menyala. Kita kesulitan ke lokasi memadamkan api karena akses sulit dijangkau dengan kendaraan. Selain itu, sumber air juga sangat susah karena sungai-sungai yang ada di sekitaran Tahura sudah kering," ucapnya.

Sandhya bilang bencana kebakaran Tahura 50 hektar ini telah dilaporkan kepada pimpinan. Upaya pemadaman kobaran api harus dilakukan melalui jalur udara. Berdasarkan hasil pantauan Tim Satgas Darat tanggal 7 hingga 8 Oktober 2019, kebakaran Tahura terjadi diduga akibat tangan jahil perambah.

"Perambah ingin membuka lahan di kawasan Tahura. Cara yang mereka lakukan ya membakar. Hal ini juga telah kita laporkan kepada pimpinan. Kita akan melakukan tindakan tegas dan penertiban kepada para perambah," katanya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS