Home Internasional UE Sepakat Keputusan Brexit Ditunda Sampai 31 Januari 2020

UE Sepakat Keputusan Brexit Ditunda Sampai 31 Januari 2020

Brussels, Gatra.com - Negara-negara Uni Eropa sepakat agar keputusan Brexit Inggris ditunda hingga 31 Januari 2020. Setelah sebelumnya, yaitu pada minggu lalu, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson meminta penundaan kepada majelis parlemen untuk memunda keputusan hingga akhir Januari.

Meski begitu, seperti dilansir Reuters, Minggu (27/10), permohonan Johnson sempat mendapatkan penolakan dari majelis. Sebab, untuk mendapatkan persetujuan, harus melibatkan suara bulat dari 27 negara anggota UE.

Sedangkan dalam pertemuan minggu lalu, Paris, sebagai salah satu anggota UE menyatakan keberatannya atas permohonan penundaan Brexit Inggris. Itulah yang kemudian menyebabkan timbulnya perpecahan suara di parlemen.

Sementara itu, setelah seluruh anggota setuju untuk mengambil langkah penundaan, ke 27 negara akan mengadakan pertemuan kembali di Brussels, untuk mengesahkan persetujuan tersebut. Rencananya, pertemuan akan dilakukan pada pukul 09.00 GMT, Senin (28/20).

Dari penundaan itu, anggota UE berharap, agar Inggris dapat lebih memikirkan kembali keputusannya untuk melakukan Brexit. Namun, jika memang London resmi memutuskan untuk keluar, maka dia diharapkan untuk tidak lagi ikut campur dalam keputusan anggota UE nantinya.

Lebih dari tiga tahun setelah Inggris memutuskan untuk keluar dari UE, negara dan parlemennya tetap terbagi atas bagaimana, kapan dan bahkan apakah akan pergi, dan masalah ini telah memicu krisis politik yang meningkat di negara itu.

Sedangkan bagi negara-negara anggota UE lainnya, kehilangan anggota ini merupakan yang pertama dalam sejarah. Sama halnya dengan Inggris, 27 negara anggota lainnya pun merasa sangat frustasi dengan keputusan itu. Tidak hanya itu, untuk membahas mengenai keluarnya Inggris ini pun bagi mereka telah menghabiskan waktu, energi, dan modal politik yang seharusnya dihabiskan untuk urusan negara mereka sendiri.

143