Home Politik Cegah Rusuh Pilkades Kebumen, Ribuan Botol Miras Dimusnahkan

Cegah Rusuh Pilkades Kebumen, Ribuan Botol Miras Dimusnahkan

Kebumen, Gatra.com – Kepolisian Resor Kebumen, Jawa Tengah memusnahkan ribuan botol miras berbagai merek dan ratusan liter miras lokal dalam apel gelar dan pergeseran pasukan pengamanan Pilkades tahap tiga Kabupaten Kebumen, Sabtu (2/11).

Pemusnahan miras tersebut menunjukkan keseriusan Polres dalam pengamanan Pilkades serentak yang digelar di 54 desa di 21 kecamatan wilayah Kebumen ini. Ribuan botol miras itu adalah hasil sitaan dari operasi intensif kepolisian beberapa waktu terakhir.

"Kita menggelar kegiatan cipta kondisi menjelang Pilkades. Hal ini agar masyarakat merasa aman tidak ada pesta miras menjelang Pilkades," kata Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan, di Markas Polres Kebumen, Sabtu (02/11).

Dia mengemukakan, miras terkait erat dengan gangguan keamanan. Tak jarang kerusuhan berpangkal dari miras. Sebab, rata-rata orang yang mengkonsumsinya akan berbuat hal negatif karena efeknya yang memabukkan.

“Sehingga dengan dilakukannya operasi kepolisan yang ditingkatkan dengan sasaran miras, diharapkan pelaksanaan Pilkades akan berjalan meriah tidak ada kerusuhan,” tandasnya.

Secara simbolis, Kapolres beserta jajaran Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Kebumen, seperti Komandan Kodim Kebumen, Letkol Inf Zamril Philiang dan Ketua DPRD Kebumen memusnahkan miras dengan membantingnya di drum kosong yang diisi batu. Selanjutnya, ribuan botol miras itu dilindas dengan alat berat.

Kapolres menambahkan, dalam Pilkades yang digelar di 54 desa 21 kecamatan terdapat 154 calon kepala desa. Polres Kebumen menerjunkan sebanyak 320 personel dibantu oleh Satuan Brimob Kutoarjo, serta Dalmas dari Polres Purworejo, Cilacap, dan Dalmas Polres Kebumen.

103