Home Milenial POPSIMAPTAR XIX Digelar, Pertandingkan 10 Cabang Olahraga

POPSIMAPTAR XIX Digelar, Pertandingkan 10 Cabang Olahraga

Semarang, Gatra.com - Sebanyak 10 cabang olahraga (cabor) bakal dipertandingkan dalam gelaran Pekan Olahraga dan Seni Mahasiswa Pelajar dan Taruna (POPSIMAPTAR) XIX 2019 di Akademi Kepolisian Semarang mulai tanggal 8-15 November mendatang. 

Kegiatan itu diikuti sekitar 300 atlet yang terdiri dari pelajar SMA, mahasiswa perguruan tinggi, dan taruna di seluruh wilayah Jawa Tengah, seperti Jepara, Kendal, Purworejo, Grobogan, Magelang, Salatiga dan Kota Semarang.

Gubernur Akpol, Irjen Pol Achmat Juri mengatakan gelaran kompetisi tersebut merupakan wadah yang diberikan oleh Akademi Kepolisian bagi para pemuda untuk menumbuhkan jiwa kompetisi dan solidaritas dalam bidang olahraga dan seni.

"Ada 10 cabor yang dipertandingkan, ada futsal, tenis, sepak bola, mural, band fotografi dan lain sebaginya," ujar Jenderal bintang dua tersebut saat ditemui di sela sela upacara pembukaan POPSIMAPTAR XIX di Lapangan Bhayangkara kompleks Akpol Semarang, Jumat (8/11).

Menurut Achmat, gelaran kompetisi ini juga sebagai upaya untuk menjaring bibit baru atau atlet olahraga Indonesia khususnya di Jawa Tengah.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut para pemuda dapat bersikap positif dan menghindari hal hal negatif seperti tawuran, dan lain sebagainya.

"Lewat kompetisi ini para pemuda diarahkan energinya dan jiwa mudanya ke latihan latihan fisik, tidak ke gadget melulu," kata Achmat.

Senada dengan itu, Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu juga berharap kompetisi tersebut dapat menjadi wadah bagi para pemuda untuk mengembangkan diri.

"Ini merupakan kegiatan yang sangat postif. Di sisi lain kita melihat para pemuda yang menyalurkan energinya ke hal-hal negatif, tapi disini kita melihat para pemuda saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dalam 10 cabor yang dipertandingkan," kata Ita.

440