Home Olahraga Friendship Run ‘Pemanasan’ Jelang Borobudur Marathon 2019

Friendship Run ‘Pemanasan’ Jelang Borobudur Marathon 2019

Magelang, Gatra.com - Sebanyak 600 pelari mengikuti Friendship Run Borobudur Marathon 2019 di kawasan Candi Pawon, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (16/11).

Lari dimulai dari jalan di depan Candi Pawon dan kembali finish di tempat yang sama. Saat finish, peserta disambut hiburan rakyat dan disuguhi makanan serta minuman khas Magelang di Pasar Harmoni.

Friendship Run Borobudur Marathon 2019 memfasilitasi para sponsor dan pendukung event untuk bertemu dan saling mengakrabkan diri. Sedangkan bagi para peserta lari, dapat dijadikan ajang pemanasan sebelum Borobudur Marathon 2019 besok.

Bank Jateng sebagai sponsor utama berharap event ini juga menambah kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Borobudur. “Ini event yang didesain oleh Gubernur Jawa Tengah untuk menarik wisatawan lokal maupun luar negeri untuk hadir ke Jawa Tengah,” kata Direktur Usaha Bisnis Retail dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Hanawijaya.

Sebagai bank pembangunan, Bank Jateng melalui Borobudur Marathon dapat berkontribusi mendukung pengembangan UMKM. Termasuk membantu memberi pinjaman modal untuk pengembangan usaha.

“Kita juga bekerja sama dengan salah satu marketplace agar para pemilik homestay mengikuti standar yang diminta oleh pasar. Kalau mereka tidak punya modal untuk memperbaiki standar homestay, Bank Jateng hadir dengan kredit usaha rakyat,” ujar Hanawijaya.

Potensi pasar melalui Borobudur Marathon sangat besar. Perputaran uang pada penyelenggaraan tahun 2018 mencapai Rp 24 miliar.

Selain untuk membeli tiket, para pelari membelanjakan uangnya di kawasan Borobudur untuk penginapan, belanja oleh-oleh, serta kebutuhan sehari-hari saat lari. “Kami berharap ini makin besar, dengan memperbanyak jumlah peserta," ucapnya. 

Borobudur Marathon 2019 diikuti 10.900 pelari yang berasal dari 35 negara. Ada 3 ketegori lari yang dilombakan yaitu kelas 10 kilometer, serta kelas half marathon 21 kilometer dan marathon 42 kilometer.

Borobudur Marathon 2019 diselenggarakan atas kolaborasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Yayasan Borobudur, Harian Kompas dan Bank Jateng.

199