Home Milenial Perhatikan, Ini Cara Registrasi SBMPTN dan SNMPTN 2020

Perhatikan, Ini Cara Registrasi SBMPTN dan SNMPTN 2020

Solo, Gatra.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuka registrasi untuk para calon peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Calon pendaftar ini diminta untuk memiliki akun untuk registrasi.

Ketua LTMPT Ravik Karsidi mengatakan pendaftaran dibuka mulai 2 Desember 2019 pukul 15.00 WIB. Pendaftaran dilakukan secara online melalui akun LTMPT.

"Tak hanya siswa, sekolah yang siswanya akan ikut SNMPTN dan SBMPTN juga harus registrasi. Sehingga nantinya akan ada dua akun registrasi, yakni milik siswa dan milik sekolah," jelasnya Senin (2/12) melalui siaran pers.

Dijelaskan lebih jauh bahwa sekolah yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat melakukan registrasi dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi Sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Untuk sekolah di bawah Kementerian Agaman harus melakukan registrasi menggunakan Nomor Pokok Sekolah Nasional dan Kode Education Management Information System (EMIS). Lalu bagi siswa yang mengikuti ujian masuk harus melakukan login di akun LTMPT dengan memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional, Nomor Pokok Sekolah Nasional serta tanggal lahir.

Harapannya siswa dan sekolah bisa melakukan registrasi di awal waktu. "Kalau mendaftar di akhir dikhawatirkan terjadi hambatan yang menyebabkan waktu habis," ucapnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Ahmad Yunus mengatakan kuota yang tersedia untuk mahasiswa baru sebanyak 6.706 kursi. Sedangkan untuk program vokasi sebanyak 1.835 kursi.

"Keseluruhan kami buka untuk 66 program studi," ucap Ahmad.

116