Home Olahraga Sirkuit BMX Cilacap Diluncurkan 15 Desember 2019

Sirkuit BMX Cilacap Diluncurkan 15 Desember 2019

Cilacap, Gatra.com – Penggemar bicycle motocross (BMX) di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah sebentar lagi bakal punya sirkuit permanen. Itu setelah Pemerintah Kabupaten Cilacap membangun lintasan kecepatan dan akrobatik khas BMX di Jeruklegi, pada 2019 ini.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap, Heru Harjanto mengatakan, rencananya sirkuit BMX ini bakal diluncurkan pada 15 Desember 2019, sekaligus menandai beroperasinya sirkuit yang terintegrasi dengan objek wisata agro ini.

“Akan diluncurkan pada 15 Desember ini Mas,” kata Heru, Kamis malam (5/12).

Dia menjelaskan, Pemkab Cilacap membangun sirkuit karena mempertimbangkan minat anak muda yang tinggi dalam olah raga ketangkasan ini. Pun dengan anak-anak yang kini menunjukkan menunjukkan ketertarikan yang tinggi.

“Minatnya sangat tinggi. Remaja dan anak-anak suka dengan BMX,” kata Heru yang juga Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) ini.

Heru mengemukakan, sirkuit BMX ini dibangun satu kawasan dengan agrowisata. Di tempat ini juga dipersiapkan bumi perkemahan. “Tempatnya luas, jadi bisa untuk berbagai kegiatan,” jelasnya.

Sirkuit BMX, kata dia, bakal dibangun dengan konsep yang menggabungkan kecepatan dan ketangkasan. Sebagian jalur berupa tanah, lainnya beton. Ini memungkinkan para pembalap mengerahkan kemampuannya semaksimal mungkin.

Dia menerangkan, tahun ini Pemkab masih fokus ke infrastruktur. Mulai tahun depan, pihaknya akan mulai fokus ke pembinaan bibit atlet. “Memang belum dibicarakan dengan rinci konsep pembinaannya. Tapi proyeksinya ke sana,” ucapnya.

392