Home Ekonomi Pelabuhan Bajau Mentawai Selesai Januari 2020

Pelabuhan Bajau Mentawai Selesai Januari 2020

Mentawai, Gatra.com - Pemerintah Sumatra Barat (Sumbar), sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan di Mentawai, dalam rangka keluar dari daerah tertinggal. Salah satunya pembangunan Pelabuhan Labuan Bajau di Kecamatan Siberut Utara, yang akan selesai pada pertengahan Januari 2020. 

Pernyataan itu disampaikan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit usai meninjau lokasi Pelabuhan Labuan Bajau dua hari lalu. Penjelasannya, saat ini Kabupaten Kepulauan Mentawai masih menunggu penyelesaian pembangunan Trans Mentawai di kawasan Barat dan Timur. Setelah selesai, diyakini akan mempermudah akses transportasi.

"Ketika selesai, masyarakat mudah membawa hasil bumi di Siberut keluar melalui pelabuhan. Apalagi kawasannya dekat ke Sibolga dan Padang. Terbukanya pelabuhan ini, semua hasil pertanian dan perkebunan yang ada di Siberut bisa di kapalkan," kata Nasrul, saat diterima Gatra.com di Padang, Senin (23/12). 

Mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode itu berharap, dengan adanya pelabuhan itu, nantinya akan membawa Mentawai keluar dari daerah tertinggal. Apabila sudah keluar dari daerah tertinggal, otomatis akan meningkatkan kesejahteraan, terutama untuk ekonomi masyarakat Siberut dan sekitarnya.

Bupati Kepulauan Mentawai ,Yudas Sabaggalet menuturkan, selain Pelabuhan Labuan Bajau, juga akan dibangun pasar dan gudang untuk mendukung perekonomian. Kendati begitu, masih tergantung persetujuan masyarakat dan persiapan lahannya. Baginya, upaya itu akan meningkatkan taraf hidup masyarakat Mentawai.

Penjelasan Yudas, lokasi pembangunan pelabuhan sangat strategis, yakni dekat dengan daerah Sibolga dan Kota Padang. Maka di pelabuhan ini nantinya hasil bumi dan hasil laut akan dikumpulkan, sebagai sandaran kapal-kapal dagang. Dengan semikian, ekonomi masyarakat bisa dimaksimalkan menjadi lebih baik.

"Pelabuhan Labuan Bajau sendiri dibangun menggunakan APBN sekitar Rp60 miliar. Kalau pembangunan pasar dan gudang, pemerintah pusat sudah setuju. Dengan cara ini kita bisa majukan Mentawai. Kalau tidak akan tetap saja seperti ini," tukasnya.

 

535