Home Ekonomi Tanjung Intan Dikembangkan untuk Pelabuhan Ekspor-Impor

Tanjung Intan Dikembangkan untuk Pelabuhan Ekspor-Impor

Cilacap, Gatra.com – Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah berkomunikasi dengan Pelindo III untuk mengembangkan Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap sebagai pelabuhan dengan infrastruktur yang mendukung ekspor-impor.

Kepala Bidang Promosi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Cilacap, Agung Wibowo mengatakan dengan daya dukung tersebut, daerah lain di luar Cilacap pun akan menggunakan Pelabuhan Tanjung Intan sebagai pusat pengiriman ekspor.

Dia menjelaskan, sementara ini, ekspor kayu dari Cilacap pun masih dilakukan dari Pelabuhan Tajung Priok, Jakarta. Adapun daerah lain, ekspornya dilakukan melalui Tanjung Priok, maupun Tanjung Emas, Semarang. “Kita menunggu realisasi tol. Kalau itu sudah terbangun, maka pengiriman barang-barang bisa lebih cepat,” katanya.

Dia mengakui, Pelindo III, sebagai pengelola Pelabuhan Tanjung Intan pun sudah berkomitmen untuk mengembangkan pelabuhan untuk mendukung kegiatan ekspor impor. Akan tetapi, daerah-daerah lain di luar Cilacap sementara ini masih mengekspor barangnya melalui pelabuhan lain. “Kami sudah menggandeng daerah tetangga. Sebenarnya sangat potensial, karena ada komoditas ekspor kayu, kemudian ada juga bumbu-bumbu, rempah maksudnya,” ujarnya.

Dia mengemukakan, kini pelabuhan ini sudah menjadi dermaga kedatangan sapi impor dari Australia. Pengiriman semen Cilacap ke Australia pun dilakukan dari pelabuhan ini. Dia yakin infrastruktur pelabuhan yang memadai akan membuat daerah lain tertarik untuk mengekspor barangnya dari Cilacap. Terlebih, akses transportasi Cilacap sudah ditunjang dengan keberadaan Bandar Udara Tunggul Wulung dan jalur kereta api.

1546