Home Olahraga Bupati Pati Berharap, Pati Raya Jadi Tuan Rumah Porprov

Bupati Pati Berharap, Pati Raya Jadi Tuan Rumah Porprov

Pati, Gatra.com - Pati Raya menyatakan siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah ke XVI tahun 2022 depan. Diharapkan jika menjadi tuan rumah nantinya, pembangunan wilayah Jawa Tengah Utara ini bisa lebih digenjot.
 
Bupati Pati, Haryanto mengatakan, daerah yang tergabung kedalam Pati Raya yakni Kabupaten Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Blora dan Grobogan. Hanya saja, deklarasi resmi belum dilakukan lantaran menunggu keputusan resmi Pemprov Jawa Tengah.
 
 
"Seluruh kepala daerah yang tergabung, sudah menyatakan kesiapan. Pak Ganjar merespons positif tapi baru secara pribadi, belum institusional. Jadi kita tidak bisa melangkahi beliau, kita tunggu keputusan resmi," ujarnya di Ruang Pragolo Sekda Pati, Kamis (16/1).
 
Pati Raya ini digagas enam kepala daerah dan seluruh Ketua DPRD untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov Jateng. Dan komitmen tersebut ditegaskan dalam forum bertema Komitmen Bersama Bupati dan Ketua DPRD se Pati Raya, Siap Menjadi Tuan Rumah Porprov Jateng 2022.
 
"Kami sudah berkomitmen dalam pemerataan sarana prasarana dan pembinaan atlet. Kami siap jadi tuan rumah porprov. Nama Pati Raya ini berdasarkan kesepakatan saat pertemuan di Kudus sebelumnya," ungkap Haryanto.
 
 
Bukan tanpa alasan, nama Pati Raya dipilih mengingat lima kabupaten tersebut merupakan eks Keresidenan Pati dengan ditambah Kabupaten Grobogan. Secara geografis Kabupaten Pati juga berada di tengah-tengah enam kabupaten lainnya, sehingga aksesnya lebih mudah.
 
"Meski kami belum pernah (jadi tuan rumah) , kami akan berusaha keras untuk mempersiapkan apa saja yang diperlukan untuk gelaran Porprov Jateng dan menjadi yang lebih baik lagi. Masih ada waktu untuk vanue olaharaga dan sarpras lainnya", tegasnya.
 
Dalam pandang lain, Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin menambahkan, dengan menjadi tuan rumah Porprovpembangunan di wilayah utara Jateng akan lebih digenjot. Pasalnya, selama ini pembanguan di wilayah tersebut cenderung tertinggal dibandingkan wilayah Selatan Jateng.
 
"Dapat dilihat dari segi pembanguan jalan tol dan kereta api yang belum kami rasakan. Jika semua Pati Raya bersatu, maka akan memiliki posisi tawar lebih di tingkat pemerintah provinsi maupun pusat, " tambahnya.
 
Menurut dia, kemajuan suatu daerah salah satu tolak ukurnya adalah olahraga yang berprestasi. Dimulai dengan menjadi tuan rumah Porprov harapannya kemajuan dan prestasi-prestasi di Pati Raya dapat semakin meningkat.
270