Home Milenial Pemkot Padang Apresiasi Kelas Inspirasi

Pemkot Padang Apresiasi Kelas Inspirasi

Padang, Gatra.com - Puluhan relawan Kelas Inspirasi Padang ikut mengajar sehari di sekolah. Mereka memberikan motivasi dan menyemai inspirasi baru bagi siswa di bangku sekolah dasar (SD), terutama sekolah di pinggiran Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).

Kelas Inspirasi yang dikenal KI Padang ini, merupakan yang ketujuh kalinya berhasil digelar di kota setempat. Setiap tahunnya, puluhan relawan dan inspirator tergabung dalam program ini. Ribuan siswa di Kota Padang telah mengenyam motivasi dari inspirator yang beragam profesi.   

Terkait hal itu, Pemerintah Kota Padang memberikan aspirasi kepada segenap KI Padang #7. Pasalnya, Mereka telah membantu Dinas Pendidikan memberikan pengetahuan baru kepada siswa. Dia berharap, kelas ini memberikan pemahaman bahwa terdapat banyak pilihan dan jalan bagi siswa untuk mewujudkan cita-citanya di masa mendatang.

"Kami atas Pemkot Padang, sangat berterima kasih, sebab Kelas Inspirasi Padang #7 telah berbagi kepada anak-anak SD untuk mencapai cita-citanya," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Azwin, Senin (20/1).

Bukan hanya itu, Azwin mengakui kegiatan KI Padang #7 memang sangat dibutuhkan, terutama bagi sekolah-sekolah di daerah pinggiran kota yang tenaga pengajar dan prasarananya terbatas untuk membuka cakrawala siswa. Terlebih lagi, kelas diisi oleh inspirator berbagai profesi sehingga siswa bisa lebih termotivasi untuk menggapi mimpi.

Ia berpendapat, KI Padang yang digerakkan oleh kaum milenial ini sudah menjadi bagian mencerdaskan generasi masa depan. Siswa-siswa SD sudah disuguhkan beragam profesi sehingga diharapkan nantinya mampu bersaing secara global, terutama dalam menghadapi Bonus Demografi pada 2030 mendatang.

"Kita sangat mendukung program ini. Kami berharap melalui KI Padang ini ke depan dapat memberikan bekal terhadap tantangan dan gambaran yang harus mereka hadapi, yang sejalan dengan mimpi Indonesia menciptakan SDM berkualitas," terangnya.

Sementara itu, Koordinator Umum Kelas Inspirasi Padang, Zidny Alia Agus menyampaikan, Kelas Aspirasi merupakan gerakan sosial yang bertujuan untuk menginspirasi siswa SD, terutama dengan mengundang berbagai profesional untuk mengajar sehari di sekolah yang dipilih.

Dia menambahkan, setidaknya Kelas Inspirasi Padang #7 ini diikuti oleh 150 relawan, mulai dari unsur mahasiswa, dosen, dokter, perawat, seniman, BUMN, ASN, jurnalis, dan beragam profesi lainnya. Bukan hanya dari berasal dari berbagai daerah Sumbar saja, melainkan juga didatangkan dari luar Sumbar.

"Tahun ini ada 12 sekolah yang kita kunjungi. Kita memberikan pemahaman kepada anak-anak, menceritakan profesi kita, bagaimana upaya kita dalam meraih mimpi dan bagaimana kita mewujudkan," tukas Zidny.

356