Home Politik Penggunaan Anggaran BOS Harus Mengutamakan Pencapaian Hasil

Penggunaan Anggaran BOS Harus Mengutamakan Pencapaian Hasil

Medan, Gatra.com – Dinas Pendidikan Kota Medan mewajibakan seluruh sekolah menggunakan anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sesuai sasaran dan target pencapaian hasil yang telah direncanakan.

Ketentuan itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan Kota Medan, Masrul Badri dalam bimbingan teknis penyusunan dan penganggaran berbasis aplikasi online di aula Bank Sumut, Medan, Senin (27/1).

Baca Juga: Bank Sumut Sumbangkan 16 Kereta Literasi

Masrul menegaskan dana BOS harus bermuara pada dampak positif pengembangan pendidikan. Karena menurut Masrul, dana BOS merupakan penyediaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar. Dengan tujuan dukungan untuk pelaksana program wajib belajar.

Untuk itu, sekolah harus mengutamakan pencapaian hasil kerja atau output serta dampak atau outcome. Dampak tersebut harus berdasarkan sasaran tertentu yang hendak dicapai. Serta harus terdapat keterkaitan output kegiatan dan sasaran program atau cascade.

Baca Juga: Program Merdeka Belajar Nadiem Diterapkan di Medan

Yang paling utama menurut Masrul adalah terdapat kepastian penanggung jawab keberhasilan suatu program. “Penganggaran harus dapat menjelaskan hubungan antara proyeksi biaya yang dibutuhkan dengan ekspektasi hasil yang akan dicapai oleh pengeluaran pemerintah,” jelasnya.

Masrul menambahkan bahwa kegiatan yang dibiayai anggaran pemerintah harus menghasilkan program yang berdampak positif. “Anggaran berbasis kinerja yang efektif memiliki prinsip utama yaitu kejelasan hubungan antara ukuran kinerja dengan hirarki tujuan dan sasaran,” jelasnya.

Baca Juga: Bersih Harus Menjadi Budaya Warga Medan

Kegiatan bimbingan teknis penyusunan dan penganggaran berbasis aplikasi online tersebut dilaksanakan atas kerjasama Dinas Pendidikan Kota Medan, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dengan Bank Sumut.

Pihak Bank Sumut yang diwakili oleh Julian Helmi Lubis mengatakan bahwa Bank Sumut sebagai Bank milik masyarakat Sumatera Utara (Sumut) memiliki tanggung jawab untuk mendukung pengelolaan anggaran yang baik di lingkungan pendidikan.

Baca Juga: Medan Siap Terapkan Kebijakan Nadiem

Julian Helmi Lubis mengatakan pihak Bank Sumut akan terus mendukung berbagai program pemerintah di Sumut untuk memajukan berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan. “Kegiatan ini diharapkan dapat membantu pembuatan dan pengelolaan anggaran pendidikan,” jelasnya