Home Milenial Pengamat: Kudus Bisa Jadi Destinasi Wisata Halal

Pengamat: Kudus Bisa Jadi Destinasi Wisata Halal

Semarang,Gatra.com - Pengamat pariwisata dari Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Pariwisata (Stiepari) Nina Mistriani menilai Kabupaten Kudus dapat menjadi salah satu alternatif destinasi wisata halal di Jawa Tengah. "Jika kita berbicara tentang destinasi wisata halal di Indonesia. Saya pikir Kudus bagus juga jika masuk dalam daftar itu," ujarnya saat ditemui Gatra.com, Minggu (16/2).
 
Apalagi, katanya, Kota Kretek ini sudah lekat dengan image sebagai  salah satu kota paling agamis di Jawa Tengah. "Semua orang tentu sudah mengetahui bagaimana sejarah Islam disana, bagaimana pengaruh dua sunan yakni Sunan Kudus dan Sunan Muria disana," imbuhnya.
 
Untuk itu, tak jarang Kudus menjadi kota tujuan utama bagi para peziarah sebagai bagian dari rangkaian ziarah Walisongo atau Tour De Walisongo. "Ini sudah menjadi modal awal, bagimana Kudus menjadi kota wisata sejarah yang kental akan kebudayaan Islam, yang kental akan toleransi," katanya.
 
Namun, katanya, saat ini pemerintah masih belum menentukan dan menjabarkan dengan baik apa sebenarnya definisi dari wisata halal. "Sejauh ini yang saya tangkap pemerintah belum benar-benar berani mengatakan apa itu wisata halal. Apakah itu dari tradisi dan budayanya, atau masyarakatnya, atau dari makanannya atau bagaimana. Dan ini yang harus diperhatikan karena  merupakan sesuatu yang amat krusial," tandasnya.
276