Home Teknologi Planet Alien Logam Berat Berbentuk Lonjong Bola Rugby

Planet Alien Logam Berat Berbentuk Lonjong Bola Rugby

Chicago, Gatra.com - Sebuah planet ekstrasurya mungkin berbentuk seperti sepak bola Amerika karena kekuatan gravitasi hebat yang ia alami dekat dengan bintangnya, sebuah studi baru menemukan. Para ilmuwan menyelidiki KOI 1843.03, kandidat planet ekstrasurya yang oleh para ilmuwan perlu pengamatan lebih lanjut untuk memastikannya. Dunia asing ini diduga mengorbit bintang katai merah dengan sedikit kurang dari setengah massa matahari kita dan terletak sekitar 395 tahun cahaya dari Bumi. Penelitian sebelumnya menemukan KOI 1843,03 sekitar 44% massa Bumi dan 60% diameter Bumi. Livescience.com, 7/4.

 

Penelitian sebelumnya menyarankan KOI 1843.03 mengorbit bintangnya lebih dekat daripada planet lain yang dikenal. "Berkeliaran di sekitar bintangnya hanya dalam 4,245 jam, satu 'tahun' untuk planet ini hanya lebih dari seperenam hari di Bumi," Leslie Rogers, seorang astrofisika di University of Chicago dan penulis senior penelitian baru, mengatakan kepada Space.com.

Rogers dan rekan-rekannya menganalisis konsekuensi potensial dari gaya gravitasi kuat yang mungkin dialami planet ini dari orbitnya yang dekat. Dalam karya itu, para ilmuwan menyarankan bahwa planet ekstrasurya harus dibuat dari besi agar tidak terkoyak. Sedangkan Bumi mengandung sekitar 32% besi, mereka memperkirakan KOI 1843,03 kemungkinan adalah 66% besi. "KOI 1843.03 adalah salah satu exoplanet yang paling mengandung logam besi yang ditemukan hingga saat ini," kata Rogers.

Para ilmuwan telah mengetahui beberapa planet "bola meriam" yang kaya zat besi, agak seperti Merkurius di tata surya kita sendiri, yang sekitar 70% besi. Untuk melihat apa efek orbit ekstrim seperti yang dimiliki KOI 1843.03 pada dunia seperti itu, para peneliti melakukan simulasi 3D pertama dari struktur interior planet berbatu yang orbit ultra pendeknya akan menghasilkan distorsi pasang surut.

Para ilmuwan menemukan KOI 1843.03 mungkin berbentuk seperti bola pada sepak bola Amerika (rugby). "KOI 1843.03 adalah planet ekstrasurya yang paling asferis (lonjong) yang ditemukan hingga saat ini," kata Rogers. "Model kami menunjukkan bahwa KOI 1843.03 secara signifikan memanjang sepanjang arah menuju bintangnya, memiliki rasio aspek hingga sekitar 1,8," katanya. Dia membandingkannya dengan rasio aspek 1,3 dari telur ayam atau rasio aspek 1,7 dari televisi layar lebar.

Para peneliti mencatat bahwa dari sembilan exoplanet yang orbitnya kurang dari satu hari, di mana para peneliti memiliki perkiraan kepadatan yang baik, empat di antaranya tampak kaya akan zat besi. Tapi planet seperti itu sebenarnya bisa lebih bulat dari dunia miskin-besi dalam orbit yang sama. "Kami berharap bahwa komposisi yang lebih banyak zat besi akan mengarah ke planet yang kurang terdistorsi," Ellen Price, seorang astrofisika di Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian di Massachusetts dan penulis utama penelitian baru, mengatakan kepada Space.com. "Ada pertukaran antara seberapa ekstrim bentuk planet ini dan seberapa ekstrim komposisinya."

Di masa depan, para peneliti ingin membuat model bagaimana exoplanet berbatu yang terdistorsi secara tide dapat terlihat ketika mereka lewat di depan bintang-bintang mereka, dan apakah mereka dapat mendeteksi jika sebuah planet ekstrasurya terdistorsi berdasarkan bayangannya.

"Pada dasarnya, area bayangan yang dilemparkan oleh planet berbentuk sepakbola tergantung pada sudut pandang Anda," kata Price. "Jadi ketika planet ini mengorbit bintangnya dengan sumbu panjangnya terus-menerus menunjuk ke bintangnya, jumlah cahaya yang terhalang oleh planet ini berubah secara berbeda dengan waktu dibandingkan dengan jumlah cahaya yang akan diblokir jika planet itu berbentuk bola."

909