Home Ekonomi Bandara Sultan Thaha Hanya Layani Penerbangan Khusus

Bandara Sultan Thaha Hanya Layani Penerbangan Khusus

Jambi,Gatra.com - Bandara Sultan Thaha menghentikan sementara aktifitas transportasi udara untuk mengangkut penumpang mulai hari ini, Jumat (24/4).
 
Hal ini dilakukan setelah Kementerian Perhubungan mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.
 
"Jadi bandara beroperasi seperti biasa. Untuk sementara kami dan Airnav Jambi selaku penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan hanya melayani angkutan kargo dan penerbangan khusus saja sejak tanggal 24 April 2020 sampai dengan tanggal 31 Mei 2020," kata Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi, M Hendra Irawan kepada Gatra.com, Jumat (24/4). 
 
M. Hendra Irawan menjelaskan, penerbangan khusus yang dimaksud adalah penyediaan sarana transportasi udara yang digunakan untuk VVIP meliputi pimpinan lembaga, konsulat asing, perwakilan organisasi internasional, penerbangan repatriasi atau pemulangan WNI/WNA, penegakan hukum, ketertiban dan pelayanan darurat serta operasional lainnya dengan izin Dirjen Perhubungan Udara.
 
Menurutnya, itu semua dilakukan dalam rangka mendukung percepatan penanganan Pandemi Covid-19. Penutupan penerbangan itu tentu jelas memberikan dampak kepada masyarakat. Terutama untuk masyarakat yang sudah membeli tiket.
 
"Tapi itu ada mekanismenya yang bisa dilakukan dengan maskapai yang bersangkutan. Dihimbau kepada pengguna jasa yang telah memiliki tiket penerbangan dalam waktu dekat atau selama peraturan larangan mudik tersebut diberlakukan agar menghubungi pihak maskapai untuk melakukan refund atau reschedule penerbangan," ujarnya.
 
Dikonfirmasi terkait kondisi operasional bandara pada hari ini, Irawan menjelaskan bahwa pihaknya masih menyelesaikan kegiatan operasional yang menjadi tanggung jawab operator penerbangan sekaligus pelaksanaan kegiatan sosialisasi kepada pengguna jasa. 
238