Home Ekonomi Chilibeli Perkuat Pengalaman Belanja Konsumen

Chilibeli Perkuat Pengalaman Belanja Konsumen

Jakarta, Gatra.com- Kondisi pandemi Covid-19 diyakini telah mengubah pola perilaku konsumen di tanah air. Konsumen menjadikan gaya belanja online sebagai salah satu pilihan berbelanja efisien dan efektif.

"Berdasarkan beberapa studi yang kami terima, kami melihat akan adanya perubahan perilaku konsumen," ungkap Head of Marketing Communications, Chilibeli, Yumir Syamsyah Lubis dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/5).

Dalam hal ini, lanjut dia, konsumen akan mempertimbangkan dan melirik gaya belanja online sebagai sebuah solusi cerdas dalam kesibukan hidup mereka. "Terutama bagi konsumen sibuk dengan berbagai peran di dalam rumah tangga," tutur Yumir.

Untuk itu, platform perniagaan sosial ini berkomitmen dalam menunjang pengalaman berbelanja secara daring itu. Setelah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selesai, Yumir mengatakan bahwa Chilibeli memiliki beberapa rencana usaha sebagai prioritas perusahaan.

Yakni perbaikan mutu rantai pasok, pengelolaan logistik, serta ketanggapan tim. Juga terus mendorong pengalaman pengguna aplikasi Chilibeli agar semakin cerdas dan intuitif.

Platform social commerce yang didirikan Juli 2019 ini mengakui bahwa kondisi pandemi ini berdampak pada melambatnya pertumbuhan lini usaha HoReCa (Hotel, Restaurant, dan Cafe). Sedangkan bisnis tersebut merupakan lini usaha B2B (business to business) Chilibeli.

Hal ini pun mempengaruhi angka pasokan menjadi berlebih, khususnya untuk beberapa sembako. Yumir menegaskan bahwa manajemen dengan sigap memperkuat jaringan Mitra dan Sahabat di Jakarta, Depok, dan Tangerang Selatan. Serta melebarkan sayap dengan membuka komunitas Mitra baru di Surabaya.

Kondisi PSBB juga membuat kegiatan komunitas tertunda. Oleh karena itu, Chilibeli menggencarkan strategi akuisisi online melalui chatting platform dan media sosial, sehingga berhasil menjaring ratusan Mitra baru.

Strategi baru tersebut memampukan perusahaan untuk mencapai lebih banyak Mitra dibandingkan sebelumnya. Dimana puluhan Mitra baru terbentuk pada batch perdana dari kota Surabaya.

Lalu bagi masyarakat yang telah menjadi Mitra dan Sahabat, menurut Yumir, kendala berikutnya adalah penutupan akses mandiri ke berbagai pemukiman Mitra sehingga pesanan terlantar. Tantangan ini dipecahkan dengan memperbarui aplikasi dan situs Chilibeli.id, dimana sekarang produk pesanan dapat langsung diantarkan ke rumah.

253