Home Kebencanaan Gelombang Tinggi Berpotensi Terjang Pesisir Selatan Jateng

Gelombang Tinggi Berpotensi Terjang Pesisir Selatan Jateng

Cilacap, Gatra.com – Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga enam meter yang berpotensi terjadi di perairan selatan Jawa Tengah hingga 28 Mei 2020 esok. BMKG juga memperingatkan kemungkinan terjadinya pasang air laut yang memicu rob, seperti yang terjadi pada dua hari terakhir.

Prakirawan BMKG, Reny Krisnawan mengatakan terdapat pola sirkulasi di Samudra Hindia barat Sumatra. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bertiup dari timur laut ke tenggara dengan kecepatan tiga knot hingga 15 knot. Di wilayah selatan angin bertiup dari timur ke tenggara dengan kecepatan tiga knot hingga 20 knot. Kecepatan angin tinggi satu di antaranya terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa.

“Kondisi ini mengakibatkan peningkatan gelombang tinggi di sekitar wilayah tersebut,” kata prakirawan BMKG, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/5).

Akibat kecepatan angin ini, gelombang laut diperkirakan mencapai ketinggian empat meter hingga enam meter. Di Jawa Tengah, gelombang tinggi berpotensi terjadi mulai dari perairan Cilacap, Kebumen, Purworejo, hingga ke Yogyakarta.

BMKG mengimbau agar nelayan dan pengguna transportasi laut lainnya mewaspadai risiko keselamatan peralayanan yang tinggi dalam kondisi gelombang tinggi. Pasalnya, gelombang tinggi tersebut berbahaya untuk perahu nelayan, tongkang, kapal feri, hingga kapal besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar.

“Bagi perahu nelayan, risiko tinggi terjadi jika kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter,” ujarnya.

BMKG mencatat, gelombang maksimum dapat mencapai dua kali tinggi gelombang hasil prakiraan tersebut. BMKG juga memperingatkan potensi terjadinya rob di beberapa wilayah pantai selatan Jawa, terutama saat terjadi air pasang maksimum. Karenanya, dia meminta agar masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir juga meningkatkan kewaspadaan.

Prakiraan BMKG tanggal 27 Mei, gelombang pasang di Cilacap akan mencapai puncaknya pukul 11.00 WIB dengan ketinggian dua meter. Sementara pada tanggal 28 Mei pasang di pantai Cilacap diperkirakan mencapai puncaknya pukul 11.00 hingga 12.00 WIB dengan ketinggian 1,9 meter.

178