Home Ekonomi Pembangunan Proyek Patimban Telah Mencapai 77,38%

Pembangunan Proyek Patimban Telah Mencapai 77,38%

Jakarta, Gatra.com - Direktur Utama PT PP (Persero) Novel Arsyad mengatakan, saat ini progres pembangunan proyek Terminal Patimban telah mencapai 77,38 persen. Dimana Dermaga Peti Kemas seluas 420 meter x 34 meter tersebut memiliki kapasitas 250.000 TEUs dengan area reklmasi seluas 60 hektare.

"Dengan lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh konsorsium mencakup Car Berth, Container Bert, Car Terminal, Temporary Admi Area & Temporary Car Terminal, Truck Waiting Area, Container Terminal, Roack Work – North Bund, Utiliy Building Work, Temporary Admi Building Work, dan akses area," kata dia, kepada Gatra, Minggu (9/8).

Selain itu, perkembangan pembangunan Proyek pembangunan Jalan Akses ke Pelabuhan Patimban, kini telah mencapai 93,56 persen dan ditargetkan dapat diselesaikan pada Desember tahun ini. Adapun Jalan Akses yang telah dikerjakan sejak Oktober 2018 tersebut memiliki panjang 8,2 kilometer.

“Perseroan bersama perusahaan konstruksi lainnya optimistis dapat menyelesaikan pekerjaan pembangunan Pelabuhan Patimban sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Sehingga Pemerintah dapat segera melakukan Soft Opening atas beroperasinya sebagian dari aktivitas di Pelabuhan Patimban,” imbuhnya.

Seperti yang telah diketahui, PT PP dipercaya Pemerintah untuk membangun Pelabuhan Patimban. Perseroan ditunjuk untuk mengerjakan tiga paket dari pembangunan dan pengembangan proyek pelabuhan tersebut.

Paket pertama, berupa Konstruksi Terminal dimana Peraseroan membentuk Konsorsium bersama Penta-Rinkai-TOA-WIKA dengan total nilai kontrak sebesar Rp6 triliun; Paket 3: Jembatan Penghubungan dimana Perseroan Joint Operation bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA, dengan total nilai kontrak sebesar Rp524 miilar

"Dan Paket 4 ini berupa pembangunan Access Road, dimana kami membentuk Joint Venture bersama Shimizu–BCK dengan total nilai kontrak sebesar Rp 1,12 triliun," jelas Novel.

614