Home Ekonomi Pertamina Sabet Penghargaan Anugerah Gatra 2020

Pertamina Sabet Penghargaan Anugerah Gatra 2020

Jakarta, Gatra.com - PT Pertamina menyabet penghargaan Anugerah GATRA 2020: Ikonis Nusantara dalam kategori inovasi bidang ekosistem ekonomi UMKM dan ekonomi digital. Hal ini selaras dengan inovasi Pertamina dalam membangkitkan UKM melalui dukungan berkelanjutan. 

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyampaikan bahwa keberhasilan Pertamina dalam memberdayakan UMKM tidak terlepas dari kerja keras bersama dalam upaya membangun ketahanan energi nasional dan semua sektor. 

"Termasuk peran dari masyarakat sendiri, berupa pengembangan UMKM sebagai penyokong kemandirian ekonomi yang turut berimbas pada bidang energi," ujar Nicke pada acara penganugerahan yang digelar secara daring pada Kamis (27/8). 

Nicke menjelaskan, Pertamina mewujudkan peran ini dalam rangka pengabdian dan kepeduliannya terhadap masyarakat. Program kemitraan selaras dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif, berkelanjutan, dan tenaga kerja produktif yang diharapkan dapat membantu usaha kecil naik kelas dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Program semacam itu, kata Nicke, telah dilaksanakan sejak tahun 1993. Melalui program tersebut telah disalurkan bantuan kemitraan kepada lebih dari 63 ribu mitra binaan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. 

"Jumlah tersebut akan terus meningkat seiring dengan upaya Pertamina untuk membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional akibat dampak dari pandemi virus Covid-19, dan dapat membantu sendi-sendi perekonomian nasional menjadi normal kembali," katanya. 

110