Home Ekonomi Matur Nuwun Pak Ganjar Kerso Rawuh dan Borong Dagangan UKM

Matur Nuwun Pak Ganjar Kerso Rawuh dan Borong Dagangan UKM

Magelang, Gatra.com- Kalangan usaha kecil dan menangah (UKM) mengeluhkan sepinya pembeli selama pandemi Covid-19 kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Keluhan ini disampaikan pedagang souvenir dan keripik tempe asal Magelang saat dikunjungi Ganjar saat melakukan gowes, Minggu (13/9).

Mendengar keluhan pedagang UKM itu, Ganjar yang disertai istrinya Siti Atikoh langsung memborong dagangan mereka. Pemilik toko souvenir kriya kayu Rik Rok, Karsiti mengatakan, dagangan dari limbah kayu yang dijualnya sepi pembeli karena tidak ada wisatawan yang berkunjung sejak pandemi Covid-19.

Sepinya wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Candirejo, Magelang membuat dagangan Karsiti seperti miniatur sepeda kayu, boneka kayu, kalung, dan lainnya terkena dampak. “Pembeli sepi pak. Alhamdulillah, saya diberkahi rejeki. Pak Ganjar datang memborong dagangan. Seneng sekali,” katanya yang membuka usaha di Desa Wisata Candirejo.

Orang nomor satu di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng ini kemudian membeli puluhan jenis dagangan Karsiti. “Saya beli semuanya. Buat souvenir kalau ada anak-anak yang main ke rumah dinas di Semarang," kata Ganjar.

Setelah memborong souvenir dari limbah kayu, Ganjar mengunjungi pelaku usaha UKM keripik tempe yang masih berada di Candirejo, Ida Rustianti. Kepada gubernur, Ida mengungkapkan kalau penjualan keripik tempenya merosot drastis selama pandemi Covid-19.

Sebelum ada wabah virus Corana, menurut Ida, mampu menjual sekitar tiga kuintal keripik tempe per hari, tapi sekarang hanya beberapa kilo per hari. “Penjualan sepi pak, sekarang hanya bisa menjual beberapa kilo per hari,” ujar Ida.

Keluhan ini membuat Ganjar prihatin. Setelah mencicipi keripik tempe buatan Ida yang digoreng secara tradisional menggunakan tungku, Ganjar memborong tiga plastik besar kerimpik tempe seberat 15 kg. “Rasa keripik tempenya enak. Saya beli semuanya yang ada diplastik,” kata Ganjar.

Tidak menyangka kalau keripik tempenya diborong semua oleh Gubernur Jateng, Ida mengucapkan terima kasih. “Maturnuwun Pak Ganjar sampun rawuh lan mborong keripik kulo (terimakasih Pak Ganjar sudah datang berkunjung dan memborong keripik tempe saya,” ujar Ida.

Menurut Ganjar banyak pelaku UKM yang terdampak akibat pandemic Covid-19, sehingga meminta kepada masyarakat untuk membeli pada teman, tetangga atau kenalan untuk membantu mereka. “Mari membantu UKM dengan membeli produk teman dan tetangga sendiri. Mari gerakan beli produk dalam negeri,” ajak Ganjar.

282