Home Info Satgas Covid-19 Ingat! Gunakan Masker dengan Benar

Ingat! Gunakan Masker dengan Benar

175

Jakarta, Gatra.com - Salah satu klaster yang terus diwaspadai sebagai tempat penularan Covid-19 adalah perkantoran. Untuk itu, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengajak kepala seluruh masyarakat, khususnya para pekerja yang berada di ruang kantor untuk selalu mengenakan masker, tak hanya itu Doni juga menekankan penggunaan masker dengan benar.

Dikutip dari video yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pada Kamis (1/10), Doni Monardo dengan tegas mengatakan bahwa penggunaan masker, khususnya masker medis untuk selalu digunakan dengan benar. Jika berada dalam ruangan kata Doni diharuskan tetap menggunakan masker. Selain itu, dalam penggunaan masker juga diharuskan sesuai dengan ketentuan.

Ketentuan yang dimaksud oleh Doni adalah, dalam penggunaan masker tidak menggantungkannya di bawah dagu. “Saya kalau menggunakan masker seperti ini (digantungkan di bawah dagu) maka masker ini sudah afkir,” kata Doni. Untuk itu masker tersebut harus segera dibuang. Cara membuang maskernya pun dianjurkan dengan cara yang tepat, yakni dirusak dengan menggunakan alat pemotong seperti gunting.

Dalam penggunaan kembali masker medis, juga dianjurkan dengan cara yang tepat. Misal, tidak memegang bagian dalam masker dan meletakan pengait dengan benar ke telinga, serta melipat kawat yang berada di atas hidung, sehingga dapat menutup rapat seluruh hidung dan mulut.

Ketika melepaskan masker pun masyarakat dianjurkan dengan cara yang benar. Yakni dengan tidak memegang bagian dalam masker. Idealnya, masker yang hendak dicopot dengan cara memegang pengait masker.

Prinsip kehati-hatian yang dipaparkan oleh Ketua Satgas Penanganan Covid-19 ini penting dilakukan. Sebab, jika kita sudah disiplin pun belum tentu aman terpapar Covid-19. “Apalagi jika kita mengabaikan protokol kesehatan,” tegas Doni.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS