Home Info Satgas Covid-19 Berpikir Positif Menjaga Imunitas Diri

Berpikir Positif Menjaga Imunitas Diri

416

Jakarta, Gatra.com – Menghadapi pandemi Covid-19 saat ini, tubuh kita dituntut untuk selalu dalam keadaan sehat, dengan begitu tubuh tak mudah terserang oleh bakteri atau virus yang menjadikan tubuh kita lemah. Salah satu cara menjaga tubuh agar tetap bugar adalah menjaga pikiran tetap positif, agar imunitas tubuh tetap terjaga.

Dalam bincang siang di Graha BNPB Jumat, (2/10), Muhammad Chalid, S.Psi., M.M.Psikolog, yang menjadi salah satu pembicara dalam diskusi tersebut mengatakan, imun berpengaruh terhadap psikis kita.

Tentu hal ini kata Chalid sangat besar pengaruhnya. Dalam dunia media medis misalnya, psikis berkaitan juga dengan pencernaan. “Jika pikiran kita dibebani terus-menerus dengan hal-hal atau masalah yang tidak terpecahkan, sehingga, pada saat masalah itu menumpuk dengan otomatis daya tahan tubuh juga berkurang,” kata Chalid.

Biasanya, orang-orang yang kerja psikisnya terlalu over atau dominan maka akan berpengaruh pada imunnya. Misalnya, orang yang kurang waktu tidurnya, pada keesokan harinya, akan merasa lesu atau berkurangnya nafsu makan. “Jadi sangat erat kaitannya antara kesehatan fisik dengan psikis,” ujar Chalid yang juga merupakan Team Leader Sahabatku.

Di tengah masalah pandemi covid-19 ini, berpikiran positif harus tetap dibangun. Misalnya, bahwa Covid-19 ada di seluruh dunia, tak hanya di di negara Indonesia saja. Maka, kita semua harus yakin, semua ini akan ada obatnya. Sebetulnya kata Chalid, memasuki rentan waktu enam bulan ini, kita sudah bisa menyesuaikan diri pada saat pandemi ini, dan kita harus selalu dilatih agar berpikiran positif.

Di saat kondisi seperti ini sebut Chalid, kita harus bisa melatih diri sendiri, bagaimana caranya kita bisa berpikiran positif, misalnya dengan selalu melakukan kegiatan fisik. Celakanya, pada kebijakan bekerja dari rumah atau WFH diberlakukan, para pekerja malah kelebihan jam dalam bekerja atau kebablasan.

“Biasanya, delapan jam dalam seharian aktifitas bekerja, tiba-tiba saat WFH biasa 12 hingga 13 jam sehari. Hal itu yang kemudian mempengaruhi pada pikiran kita, yang tadinya berpikir positif, jadi ke arah berpikir negatif,” kata Chalid. Untuk itu, Chalid menghimbau para pekerja untuk selalu berpikiran positif untuk menjaga imunitas tubuh selam masa pandemi ini.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS