Home Info Satgas Covid-19 IDI: Jangan Abaikan Covid-19, Pakai Masker Secara Benar

IDI: Jangan Abaikan Covid-19, Pakai Masker Secara Benar

328

Jakarta, Gatra.com - Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) berharap masyarakat tidak menganggap remeh pandemi Covid-19. IDI mengajak masyarakat untuk menaati protokol kesehatan (Prokes), di antaranya memakai masker.

"Penggunaan masker yang baik dan benar sangat penting dalam upaya memutus rantai penularan Covid-19," kata ?Dr. dr. Eka Ginanjar, SpPD-KKV, Ketua Tim Protokol dari Tim Mitigasi IDI, Sabtu (3/10).

Menurutnya, penggunaan masker ini demi menjaga diri sendiri, kerabat, dan orang lain dari potensi terpapar virus SARS jenis baru CoV-2 yang awalnya muncul di Wuhan, Cina. "Langkah 3M harus dilaksanakan," ujarnya.

Langkah 3M tersebut yaitu:

1. Masker, selalu memakai masker secara baik dan benar menjadi barrier jalur masuk dan keluar dari proses penularan Covid-19 yang menular melalui droplet atau bahkan aerosol pada kondisi ruangan dengan sirkulasi yang tidak baik.

2. Menjaga jarak lebih dari 1 meter, menghindari kerumunan apalagi beraktifitas bersama dalam waktu lama dengan sirkulasi udara tertutup, termasuk makan bersama.

3. Mencuci tangan selalu dengan air mengalir dan sabun secara benar selama 40 sd 60 detik atau bila tidak ada dapat menggunakan Handsanitizer berbasis alkohol.

"Pelaksanaan 3M ini harus dilaksanakan secara masif oleh semua orang tanpa kecuali. Dengan demikian penyebaran Covid-19 ini dapat dikendalikan dengan baik sehingga dapat menekan jumlah korban dan kerugian yang lebih besar dari berbagai sektor," ujarnya.

Menurutnya, kedisiplinan setiap orang untuk menggunakan masker dan melaksanakan 3M dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang juga harus mengingatkan keluarga, teman, ataupun rekan kerja, dan orang terdekat lainnya untuk menerapkan hal 3M.

Sebaliknya, jika masyarakat abai menerapkan 3M atau protokol kesehatan untuk menghentikan mata rantai dan penyebaran Covid-19, maka Indonesia akan sulit melewati masa pandemi ini dan bukan hanya kerugian secara ekonomi, namun juga korban jiwa, baik tenaga kesehatan, keluarga, maupun diri sendiri.

Pemerintah Indonesia melalui Satgas Penanganan Covid-19 serta berbagai pihak terkait terus menyoliasisasikan agar masyarakat menaati protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, di antaranya memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menerapkan pola hidup sehat, dan tidak berkerumun.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS