Home Info Satgas Covid-19 Mahfud Ajak Kiai dan Santri jadi Pioner Kampanyekan Prokes

Mahfud Ajak Kiai dan Santri jadi Pioner Kampanyekan Prokes

166

Sumenep, Gatra.com - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, turun gelanggang untuk mengajak para kiai dan santri sebagai garda terdepan atau pioner dalam menaati dan mengapanyekan protokol kesehatan (Prokes) mencegah Covid-19 di Pulau Madura.

Mahfud mengunjungi Pondok Pesantren Annuqayah, Guluk-guluk, Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim), Minggu (4/10). Ia menyambangi wilayah Madura karena para kiai merupakan tokoh penting di masyarakat Madura untuk mengampanyekan Prokes demi memutus penyebaran Covid-19.

"Kiai memegang peran yang amat penting tidak hanya di pondok, tapi di juga di kalangan masyarakat, khususnya di Madura," katanya dalam keterangan tertulis.

Dalam Kampanye Protokol Kesehatan dan Sarasehan Ulama serta Tokoh Masyarakat ini, Mahfud melanjutkan, melalui ketohan, teladan, serta ilmu yang dimiliki, santri dan masyarakat Madura pada umumnya tunduk dan patuh pada kiai.

Mahfud memilih Pulau Madura untuk melakukan kampanye, karena berdasarkan data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Kabupaten Sumenep saat ini masih berstatus merah, karena protokol kesehatan belum sepenuhnya dijalankan dengan baik.

Itu sebabnya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut pada kunjungan kerjanya ke Jawa Timur kali ini, datang khusus ke pondok untuk menyambangi para kiai dan para santri.

Kehadiran Mahfud MD di salah satu pondok pesantren tertua di Madura ini, disambut hangat para ulama, tokoh masyarakat, dan aparat pemerintah.

Di Pondok Pesantren yang didirikan KH. Moh. Syarqawi pada tahun 1887 ini, Mahfud MD menyampaikan, para ulama dan tokoh masyarakat memiliki peran penting dalam membangun kesadaran masyarakat, agar tetap mematuhi anjuran pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19.

Menko Mahfud berharap, pondok pesantren Annuqayah dengan 6 ribu lebih santri yang dimilikinya, dapat menjadi contoh dan garda terdepan dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di Pulau Madura.

Usai berkampanye dan melakukan sarasehan ulama di Annuqayah, Mahfud MD dan rombongan dari Kantor Kemenko Polhukam Jakarta, melanjutkan kunjungan ke Pondok Pesantren Al Amien, Prenduan, Sumenep.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS