Home Politik Kata OPM Soal Tertembaknya Dosen UGM di Intan Jaya

Kata OPM Soal Tertembaknya Dosen UGM di Intan Jaya

Intan Jaya, Gatra.com - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengaku bertanggungjawab atas tertembaknya dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Bambang Purwoko di Distrik Hitadifa, Intan Jaya, Papua, Jumat (9/10). Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM itu menjadi anggota tim gabungan pencari fakta (TGPF) kasus Intan Jaya.

"Ya TPNPB bertanggungjawab, itu keputusan kami, dan dengan tuntutan bahwa kami menolak Tim Investigasi bentukan Menkopolhukam Mahmud MD (Mahfud MD, red.) dan kami minta Tim independen yang harus investigasi yaitu PBB, Komnas HAM, LSM HAM dan Gereja," kata Sebby Sambom, Juru Bicara TPNPB-OPM.

Sebby juga mengirim pernyataan bertanggungjawab itu lewat video berdurasi 01 menit 47 detik. Video itu dibuat di ruang tunggu bandara di Papua Nugini. "Kodap VIII Intan Jaya di bawah Komando Wakil Panglima Sabinus Waker, dan semua komandan-komandan batalion, semua kerja sama untuk lakukan perang," katanya.

"Di video kami sudah umumkan bahwa TPNPB tolak Tim Investigasi bentukan Mahmud MD (Mahfud MD, red.), jadi itu sikap kami TPNPB," tegasnya.

19338