Home Info Satgas Covid-19 Peningkatan Pelayanan Kesehatan Jadi Fokus Selama 2020

Peningkatan Pelayanan Kesehatan Jadi Fokus Selama 2020

Jakarta, Gatra.com - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia Global dan Indonesia menjadi cerita utama yang menggambarkan perjalanan di tahun 2020. Pandemi ini membuat Pemerintah Indonesia harus kerja ekstra keras, selama melakukan penanganan pandemi Covid-19 tahun 2020.

Salah satu upaya pemerintah dalam penanganan Pandemi Covid-19 ini,  difokuskan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan kesehatan untuk memastikan pasien Covid-19 dapat ditangani dengan baik dan sesuai standar. 
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menyebut saat ini sudah ada 940 rumah sakit rujukan Covid-19. 

"Dengan jumlah total tempat tidur di ruang isolasi dan ICU sebanyak 45.023 tempat tidur," kata Wiky, Kamis (31/12).

Jika ditelaah dari data persentase, lanjut Wiku,  tingkat pemanfaatan tempat tidur di ruang isolasi dan ICU Covid-19 tingkat nasional sudah mencapai 62,63%. Terdapat 5 provinsi dengan persentase pemanfaatan tertinggi. Yaitu Jawa Barat (77%), DI Yogyakarta (77%), Banten (77%), Jawa Timur (72%) dan Jawa Tengah (72%). 

Disamping itu, fokus juga ditujukan penanganan pasien Covid-19. Wiku mengatakan, pemerintah pun berkomitmen terutama bagi para pahlawan kesehatan agar tidak ada lagi tenaga kesehatan yang gugur dalam menangani pandemi Covid-19 di garda terdepan. Salah satu cara yang dilakukan, yakni dengan optimalisasi perlindungan dan keselamatan tenaga kesehatan. 

"Hal ini diwujudkan dengan sebuah tim khusus yang memantau dan bertindak cepat dalam memberikan perlindungan bagi tenaga kesehatan yang sedang bertugas," tuturnya.

Wiku juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para semua tenaga kesehatan di Indonesia yang bekerja keras setiap harinya menangani pandemi ini.

"Terimakasih atas kerja keras dan semangat dari dokter, perawat, petugas laboratorium serta semua rekan petugas kesehatan di Indonesia," katanya.

130