Home Internasional Pertarungan Ketat Republikan dan Demokrat di Georgia

Pertarungan Ketat Republikan dan Demokrat di Georgia

Atlanta, Gatra.com - Pertarungan perebutan 2 kursi Senat Amerika Serikat dari Georgia, berlangsung sangat ketat. Salip menyalip terjadi antara calon dari Partai Demokrat dan petahana yang berasal dari Partai Republik.

Baik Raphael Warnock dan Jon Ossoff dari Demokrat, sempat memimpin pertarungan dari lawannya, Kelly Loeffler dan David Perdua, saat suara yang berasal dari pemilihan awal masuk, yakni sekitar 50%, demikian dikutip dari CNN.

Tak berapa lama kemudian, saat suara masuk melewati 70%, posisi berubah dimana kedua calon dari republik memimpin dengan selisih kurang dari 1%. Sejak saat itu, kejar mengejar dengan selisih yang sangat tipis berangsung.

HIngga berita ini naik, sudah terdapat 98% suara yang masuk dari sekitar 5 juta pemilih. Hasil sementara, Raphael Warnock dari Demokrat memimpin 50,4% dari Kelly Loeffler, sementara di sisi lain, David Perdue memimpin tipis 19.629 suara atau 50,25 sementara lawannya, kandidat dari Demokrat yang baru berusia 33 tahun Jon Ossoff mendapatkan 49,8%.

Partai Republik cukup menang salah satu saja dari kedua kandidat untuk menjadi penguasa Senat. Saat ini, Republik meraih 50 kursi di Senat, dan harus memperoleh 51 kursi bila ingin menjadi mayoritas di Senat.

Sementara, Partai Demokrat harus mendapatkan 2 kursi sapu bersih dari Georgia bila ingin mengamankan 50 kursi Senat, angka maksimal yang bisa diperoleh Demokrat. Bila posisi kursi Senat masing-masing adalah 50-50, Demokrat masih mempunyai pengunci kemenangan bila dilakukan pemungutan suara berbagai aturan yang harus disahkan oleh Senat.

Pengunci itu tiada lain adalah Wakil Presiden Terpilih Kamala Harris. Di sistem pemerintahan Amerika Serikat, wapres menjadi suara terakhir alias suara penentu di Senat bila terjadi suara imbang.

376